Equity World | Baru Tau yaa!!! 10 Gedung Tertinggi di Indonesia

Equity World | Bangunan gedung selain memiliki fungsi sebagai tempat perkantoran, hotel, atau sarana lainnya, ternyata juga bisa menjadi landmark yang menambahkan ciri khas sebuah kota atau negara. Burj Khalifa di Dubai dan Menara Petronas di Malaysia adalah beberapa contoh yang membuktikan bagaimana sebuah bangunan bisa menjadi simbol negara yang mendunia.

Makanya, hampir di tiap negara banyak yang berlomba-lomba membuat landmark dengan membangun gedung-gedung pencakar langit setinggi mungkin supaya terlihat semakin mencolok. Indonesia pun tidak kalah dengan gedung-gedung pencakar langitnya lho. Berikut IDNtimes punya urutan daftar 10 gedung pencakar langit yang paling tinggi di Indonesia. Bisa jadi, kamu mungkin pernah melewatinya, dikutip dari IDtimes.com

10. Telkom Landmark Tower (219 meter)
PT Equityworld Futures 10 230
Bangunan ini merupakan hasil karya anak cucu perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk yang terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta. Gedung yang mencakup 48 lantai ini termasuk masih sangat baru karena baru resmi dibuka di tahun 2016 ini. Telkom Landmark Tower ini direncanakan akan menampung anak-anak usaha milik Telkom Group dan juga akan menyediakan enam lantai khusus untuk pusat perbelanjaan.

9. Equity Tower (220 meter)
PT Equityworld Futures 9 231
Dengan jumlah lantai sebanyak 44 buah, Equity Tower berfungsi sebagai bangunan perkantoran. Gedung ini terletak di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 2010.

8. Keraton Private Residence (225 meter)
PT Equityworld Futures 8 232
Masih di Bilangan Jakarta, bangunan yang merupakan hotel serta apartemen ini beralamat di Jalan M.H. Thamrin. Keraton Private Residence menyediakan penginapan dan tempat tinggal kelas bintang lima. Bangunan ini juga masih satu komplek dengan salah satu pusat perbelanjaan elit di Jakarta, yaitu Plaza Indonesia.

7. Menara BCA (230 meter)
PT Equityworld Futures 7 233
Gedung pencakar langit yang satu ini memiliki banyak kemiripan dengan lawan sebelumnya, Keraton Private Residence. Selain selisih tingginya yang hanya berbeda lima meter, keduanya juga saling berdekatan karena sama-sama berlokasi di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta. Ditambah lagi, Menara BCA juga terletak satu komplek dengan salah satu mall paling hits di Jakarta, yaitu Grand Indonesia.

6. Sinarmas MSIG Tower (245 meter)
PT Equityworld Futures 6 234
Gedung yang baru berusia dua tahun ini terbilang cukup unik. Dengan landasan konsep yang ramah lingkungan, Sinarmas MSIG Tower ini memanfaatkan penggunaan Double Glass System yang berfungsi mengurangi suhu panas di dalam gedung. Alhasil, penggunaan mesin pendingin ruangan pun dapat berkurang sehingga hemat listrik.

5. Pakubuwono Signature (252 meter)
PT Equityworld Futures 5 235
Bangunan yang terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta ini juga masih seumur jagung mengingat baru rampung dibangun di tahun 2014. Bangunan ini berfungsi sebagai hotel dan juga apartemen mewah, dengan luas 4,2 hektar.

4. Raffles Hotel (253,3 meter)
PT Equityworld Futures 4 236
Hotel bintang lima ini diklaim sebagai hotel tertinggi di Indonesia. Dengan total lantai mencapai 52 lantai, hotel ini menyediakan 200 kamar yang pasti dengan pelayanan yang juga eksklusif. Bisa tebak lokasinya ada dimana? Di mana lagi kalau bukan di Jakarta.

3. Sahid Sudirman Center (258 meter)
PT Equityworld Futures 3 237
Sesuai dengan namanya, gedung ini terletak di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. Butuh waktu mencapai tiga tahun lho untuk merampungkan pembangunan bangunan kantor berjumlah lantai sebanyak 59 ini.

2. Wisma BNI 46 (261,9 meter)
PT Equityworld Futures 2 238
Bagi kamu yang tinggal di Jakarta atau sering mengunjungi kota ini pasti sudah familiar dengan bangunan berkubah unik ini. Bisa dibilang, gedung ini merupakan salah satu landmark yang ikonik karena sudah berdiri tegak selama dua dekade! Dalam kurun waktu tersebut juga gedung ini mampu bertahan di posisi pertama sebagai gedung paling tinggi di Indonesia, hingga akhirnya baru-baru ini predikat tersebut berhasil direbut oleh Gama Tower.

1. Gama Tower (288,6 meter)
PT Equityworld Futures 1 239
Ini dia bangunan yang sukses menyandang gelar pencakar langit tertinggi di Indonesia. Gedung ini juga dikenal dengan nama Cemindo Tower dan baru saja resmi selesai dibangun di tahun 2016 ini setelah melalui proses pengerjaan selama 5 tahun. Gama Tower berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta. Gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 63, dan akan mencakup perkantoran, hotel dan restoran mewah. Gama Tower juga menduduki peringkat ke 64 untuk gedung tertinggi se-Asia dan peringkat ke 126 sedunia!

Dengan maraknya proses pembangunan di Indonesia, khususnya di Jakarta, dapat diperkirakan bahwa daftar gedung pencakar langit tersebut akan segera berubah. Terlebih lagi dengan adanya wacana dibangunnya gedung-gedung pencakar langit baru dengan tinggi yang menakjubkan, seperti Pertamina Energy Tower dengan tinggi 530 meter yang diprediksi akan rampung di tahun 2020, dan juga Signature Tower dengan tinggi mencapai 638 meter. Pastinya bisa dibayangkan kota Jakarta nanti akan penuh dengan berbagai bangunan-bangunan jangkung. (JKO- Equity World)

Save

Save