PT. Equityworld Futures – Bursa saham Asia turun untuk hari kedua karena berlanjutnya penguatan yen terhadap dolar, membebani ekuitas Jepang jelang pertemuan OPEC dan laporan pekerjaan bulanan AS.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,8 persen menjadi 127,89 pada pukul 16:00 sore di Hong Kong. Indeks Topix Jepang turun 2,2 persen, yang terbesar dalam sebulan terakhir, setelah turun 1,3 persen pada hari Rabu. Yen menguat terhadap dolar untuk hari ketiga setelah Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan dia akan menunda kenaikan pajak penjualan dan menahan paket stimulus fiskal yang diharapkan secara luas.

Dalam penilaian Beige Book dari kondisi ekonomi regional, Federal Reserve mengatakan ekonomi AS telah berkembang pada kecepatan yang moderat di sebagian besar negara sejak pertengahan April, menyebabkan pasar tenaga kerja menguat karena pengusaha terus menambahkan pekerjaan dan menyentuh upah yang lebih tinggi. Indeks S&P 500 ditutup sedikit berubah akibat kuatnya data pabrik Amerika kontras dengan bukti pertumbuhan global yang lesu.

Investor mencari untuk laporan payrolls Amerika hari Jumat besok karena peninjauan kebijakan Fed berikutnya membayangi. Pedagang menempatkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Juli di lebih dari 50 persen. Investor juga mengamati perkembangan dari pertemuan OPEC di Wina dan keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa.(frk)

Sumber: Bloomberg