PT. Equityworld Futures – Bursa saham Jepang dibuka melemah dan yen melonjak karena Yunani bergerak untuk mencegah runtuhnya sistem keuangan setelah pembicaraan bantuan dengan kreditur gagal, meningkatkan risiko bahwa negara tersebut bisa dipaksa untuk keluar dari euro zone.

Indeks Topix turun 1,9% ke level 1,634.71 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, menuju kerugian terbesar sejak 30 April. Sementara indeks Nikkei 225 Stock Average kehilangan 2% ke level 20,296.92. Pagi ini yen menguat 1,1% ke level 122,46 per dolar setelah Yunani menyerukan referendum terkait proposal bailout dan para negara-negara kreditor menolak permintaan Yunani untuk memperpanjang bantuan sementara, membawa Yunani selangkah lebih dekat menuju default.

Setelah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tiba-tiba menyerukan referendum pada 5 Juli terkait hal paket bailout negaranya, menteri-menteri keuangan kawasan Eropa pada Sabtu yang lalu menolak permintaannya untuk perpanjangan satu bulan program bantuan, yang berakhir pada hari Selasa, menutup peluang untuk keuangan sementara sampai referendum diadakan.(frk)

Sumber : ewfpro.com