PT. Equityworld Futures – Meski era peradaban dinosaurus identik dengan purbakala dan serangan meteor, tim peneliti dari Amerika Serikat dan Swedia menemukan bahwa ada meteorit yang pernah menghantam Bumi jauh sebelum dinosaurus ada.

Penelitian yang dipaparkan di jurnal Nature Communications menjelaskan bahwa meteorit dalam bentuk fosil itu adalah menjadi satu-satunya puing dari asteroid purba yang bertabrakan dengan asteroid lain di luar angkasa.

Meteorit ini diberi nama Österplana 065, diyakini para peneliti terpental dari luar angkasa dan jatuh ke Bumi sekitar 470 juta tahun lalu.

Kala itu, Österplana 065 ‘menghujani’ Bumi bersama 100 meteorit lain dari asal yang berbeda. Mereka jatuh di laut di mana lapisan batu kapur terbentuk dan membungkus meteorit tersebut hingga tertimbun selama jutaan tahun sebelum warga Swedia memulai penggalian di sana untuk mencari materi ubin lantai.

Namun tidak seperti meteorit lain yang ditemukan di tempat penggalian, Österplana 065 mengandung komposisi geokimia yang berbeda.

Tim peneliti pun menganggapnya sebagai sampel pertama dari meteorit langka. Mereka mengklaim, tidak akan ada meteorit lain yang berasal dari asteroid orisinal akan jatuh ke Bumi lagi seperti Österplana 065 ini.

Sumber: CNN Indonesia