PT Equityworld Futures – Emas ditransaksikan mendekati level tertingginya dalam empat bulan terakhir, menuju penguatan mingguan terbesar sejak Maret lalu, terkait permintaan aset haven pasca Bank Sentral Swiss secara tidak terduga memangkas nilai tukar mata uangnya. Kepemilikan aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa terbesar berbasis emas meningkat tajam sejak 2011 lalu.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $1,260.79 per ons pada pukul 10:24 pagi di Singapura dari level $1,262.75 sehari sebelumnya, harga emas melonjak 2,8 persen menuju kenaikan terbesar tahun ini, menurut harga generik Bloomberg. Logam menguat pada hari Kamis ke level $1,266.85, tertinggi sejak 8 September lalu, seiring Swiss National Bank memangkas nilai tukar mata uang Swiss franc terhadap euro. Emas ditransaksi relatif paling mahal dibandingkat platinum sejak April 2013 lalu.

Emas naik sebesar 3,1 persen pekan ini menuju kenaikan terbesar dalam hampir setahun terakhir pasca langkah bank sentral Swiss mengguncang mata uang dan ekuitas pasar. Bahwa Memicu permintaan bullion seiring para investor kembali meningkatkan permintaan terhadap emas ETPS, menurut para pembuat kebijakan Australia & New Zealand Banking Group Ltd Bank Sentral Eropa akan melakukan pertemuan pada 22 Januari lalu untuk membahas memperkenalkan stimulus baru di tengah kekhawatiran Yunani akan keluar dari blok mata uang euro pasca pemilu 25 Januari mendatang.

Spot emas menguat mengirim indeks relatih kekuatan logan 14 hari berada pada level 70 yang sinyal ke beberapa investor yang harga bisa mundur. Indeks itu berada di 68,69 pada hari Jumat dari 68,52 sehari sebelumnya. (izr)

sumber : ewfpro.com