NEW YORK. Harga kontrak emas dunia malam tadi (5/5) mendaki ke level tertinggi dalam tiga pekan terakhir. Pemicunya tak lain adalah semakin meruncingnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia. Kondisi itu menyebabkan tingkat permintaan emas dunia semakin tinggi.

Asal tahu saja, data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.42 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni naik 0,5% menjadi US$ 1.309,30 per troy ounce di Comex. Pada transaksi sebelumnya, kontrak yang sama sempat mencapai US$ 1.315,80 per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi untuk kontrak emas teraktif sejak 15 April lalu.

“Pecahnya perang sipil di Ukraina menjadi hal yang dicemaskan investor. Apalagi, integritas dari pelaksanaan pemilihan umum pada 25 Mei mendatang dan stabilitas keamanan di Ukraina masih dipertanyakan,” jelas Steven Scacalossi, the head of global metal sales TD Securities.

Sekadar informasi, berdasarkan situs resmi Kementrian Pertahanan Ukraina, kelompok separatis pro-Rusia telah membunuh empat pasukan militer Ukraina, melukai 30 orag lainnya dan menembak jatuh helikopter militer di kawasan timur kota Slovyansk.