PT. Equityworld Futures – Emas berjangka menetap pada level terendahnya di hari Selasa seiring para investor menunggu rilis data pasar tenaga kerja AS yang akan datang dan komentar dari pejabat Federal Reserve sebagai petunjuk apakah bank sentral akan memutuskan untuk menaikkan suku bunga saat pertemuan pada akhir bulan ini.

Emas untuk pengiriman Februari di Comex turun $ 1,80 atau 0,2 %, untuk menetap di level $ 1,063.50 per ons setelah membukukan keuntungan di sesi sebelumnya, sementara perak untuk pengiriman Maret berakhir pada kurang dari setengah sen lebih rendah di level $ 14,083 per ons.

Harga emas pada hari Senin naik 0,9 %, dengan keuntungan didorong oleh “penutupan dalam sesi jangka pendek yang mengalami reli terkait beberapa posisi pedagang dan pelemahan dalam indeks dolar menjelang ” rilis data ekonomi dan komentar dari pejabat Federal Reserve, menurut Tyler Richey , yang melaporkan pada pukul 7: 00 waktu setempat.

Ketua Fed Janet Yellen akan mengadakan pembicaraan terpisah pada hari Rabu dan Kamis dan AS akan melaporkan data pekerjaan bulanan pada Jumat mendatang. Data ketenagakerjaan yang diharapkan untuk lebih memastikan The Fed berada pada jalur untuk kenaikan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade terakhir yang akan terjadi pada pertemuan akhir bulan ini.

Namun dalam pidato hari Selasa, Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan ia tidak terburu-buru untuk mengambil keputusan kenaikan suku bunga pada akhir bulan ini.

Data hari Selasa menunjukkan, indeks manufaktur AS mengalami penurunan, dengan indeks manufaktur Institute for Supply Management pada bulan November jatuh ke level terendah sejak 2009. Namun, Steve Murphy, ekonom AS pada Capital Economics, mengatakan data “tidak tersebut akan mencegah The Fed untuk suku bunga yang lebih tinggi” pada pertemuan pertengahan Desember.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa diharapkan untuk memberikan pelonggaran moneter lebih lanjut pada hari Kamis, yang bisa melemahkan mata uang euro dan dapat menguatkan dolar. Akan tetapi analis mempertanyakan apakah tindakan ECB telah mengurangi beban pasar, dan berpotensi untuk melemahkan euro.

Dalam perdagangan logam lainnya, tembaga untuk pengiriman Maret naik 2,3 sen atau 1,1 %, ke level $ 2,072 per pon setelah beberapa produsen di China mengatakan mereka akan memangkas produksi tembaganya pada tahun depan. Pabrik pengolahan tembaga di China akan memangkas outputnya pada tahun 2016.

Platinum untuk pengiriman Januari naik $ 2,50 atau 0,3 %, ke level $ 835,40 per ons, sementara paladium untuk pengiriman Maret merosot sebesar $ 4 atau 0,7 %, ke level $ 539,20 per ons. (knc)

Sumber : www.ewfpro.com