Equity World | 10 Film Fenomenal James Wong Howe

PT Equityworld Futures 1017365

Equity World | JAMES Wong Howe adalah seorang sinematografer terkenal di Hollywood kelahiran 28 Agustus 1899 di Taishan, Guangzhou, Tiongkok. Ia sangat dikenal di dunia film karena menemukan teknik sinematografi terbaik pada masanya.

James Wong Howe adalah seorang ahli dalam penggunaan bayangan dan merupakan salah satu orang pertama yang menggunakan sinematografi dengan kedalaman fokus (deep focus). Pada gambar yang diambilnya, kedua bidang pada latar depan maupun belakang tetap fokus pada saat bersamaan. International Cinematographers Guild menjadikan James Wong Howe sebagai 10 orang yang paling berpengaruh dalam dunia film.

Terdapat sedikitnya 130 film di mana ia pernah terlibat di dalamnya pada rentang 1923 hingga 1975. Dari jumlah itu, ada 10 film yang dianggap fenomenal secara sinematografi. Tak heran, ke-10 film tersebut masuk sebagai nomine sinematografi terbaik. Dua di antaranya memenangi Piala Oscar yaitu “The Rose Tattoo” (1955) dan “Hud” (1963).

Berikut adalah ke-10 film tersebut:

1. Algiers (1938)

Algiers adalah film drama Amerika produksi 1938 yang disutradarai John Cromwell dan dibintangi Charles Boyer, Sigrid Gurie, dan Hedy Lamarr. Cerita film ini ditulis John Howard Lawson. Algiers bercerita tentang seorang pencuri permata Prancis terkenal yang bersembunyi di alun-alun asli labirin Aljir (ibu kota Algeria) yang dikenal sebagai Casbah. Merasa dipenjara oleh pengasingannya sendiri, dia ditarik keluar dari persembunyian seorang turis Prancis yang cantik yang mengingatkannya akan masa-masa bahagia di Paris.

2. Abe Lincoln in Illinois (1940)

Film ini adalah film biografi yang menceritakan tentang kehidupan Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln. Cerita film ini berawal sejak kepergiannya dari Kentucky sampai terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Film ini membintangi Raymond Massey dan Howard Da Silva, yang menghidupkan kembali peran mereka dari produksi Broadway Abe Lincoln di Illinois yang bermain Abe Lincoln dan Jack Armstrong. Film ini diadaptasi oleh Grover Jones dan Robert E. Sherwood dari drama pemenang Hadiah Pulitzer dari Sherwood. Film ini disutradarai John Cromwell.

3. Kings Row (1942)

Kings Row adalah film yang dibintangi Ann Sheridan, Robert Cummings, dan Ronald Reagan. Film ini menceritakan tentang orang-orang muda yang tumbuh di sebuah kota kecil di Amerika pada pergantian abad ke-20. Gambar itu disutradarai oleh Sam Wood.

Yang menarik, aktor Ronald Reagan dalam film ini kemudian menjadi Presiden Amerika Serikat. Film ini yang merupakan film dengan peran Reagan yang paling menonjol selama karier akting pertamanya di Warner Brothers

4. The North Star (1943)

The North Star (juga dikenal dengan nama Armored Attack di AS) adalah film perang yang diproduksi Samuel Goldwyn Productions dan didistribusikan oleh RKO Radio Pictures. Film ini dibintangi Anne Baxter, Dana Andrews, Walter Huston, Walter Brennan, dan Erich von Stroheim.

The North Star bercerita tentang perlawanan penduduk desa Ukraina yang melalui taktik gerilya, melawan penjajah Jerman dari SSR Ukraina. Film ini adalah sebuah film propaganda pro-Soviet tanpa malu-malu pada puncak perang saat itu.

5. Air Force (1943)

Film ini bercerita tentang penerbangan Internasional Amerika Serikat. Setelah terjadinya serangan Pearl Harbor, itu adalah salah satu film perang patriotik yang pertama dan sering disebut sebagai sebagai film propaganda. Air Force dibintangi John Garfield, John Ridgely, Gig Young, Arthur Kennedy, dan Harry Carey.

Ceritanya berkisar pada kejadian aktual yang terjadi pada 7 Desember 1941. Sebuah kapal udara mengangkut pembom berat Boeing B-17 Flying Fort yang tidak bersenjata yang bernama Mary Ann melintasi Pasifik menuju markas Angkatan Udara Amerika Serikat di Hickam Field. Mereka terbang tepat ke tengah serangan udara Jepang di Pearl Harbor yang menjadi awal keterlibatan langsung Amerika dalam Perang Dunia II.

6. The Rose Tattoo (1955)

The Rose Tattoo adalah adaptasi film tahun 1955 dari Tennessee Williams dengan nama yang sama. Film ini diadaptasi oleh Williams dan Hal Kanter dan disutradarai oleh Daniel Mann, dengan bintang Anna Magnani, Burt Lancaster, Marisa Pavan, dan Jo Van Fleet. Williams awalnya menulis drama untuk Italia Anna Magnani untuk bermain di Broadway pada tahun 1951, namun dia menolak tawaran tersebut karena dia kesulitan dengan bahasa Inggris saat itu. Meski demikian, pada saat adaptasi film ini dibuat, dia lancar berbahasa Inggris.

Anna Magnani memenangi Academy Award untuk aktris terbaik untuk penampilannya, selain aktris pembantu terbaik untuk Pavan. James Wong Howe memenangi art director terbaik and sinematografi terbaik hingga membuat film ini diganjar sebagai Best Picture di ajang Academy Award.

7. The Old Man and the Sea (1958)

Old Man and the Sea adalah film drama petualangan Amerika yang disutradarai John Sturges. Skenario diadaptasi oleh Peter Viertel dari novel dengan nama yang sama karya Ernest Hemingway. Dimitri Tiomkin memenangi Academy Award untuk Best Original Score atas karyanya di film tersebut. James Wong Howe hanya mendapat nominasi untuk sinematografi warna terbaik. Pada tahun yang sama, Tracy dinominasikan untuk Academy Award untuk aktor terbaik.

8. Hud (1963)

Hud adalah film yang disutradarai Martin Ritt, dibintangi Paul Newman, Melvyn Douglas, dan Patricia Neal. Film diproduksi perusahaan Ritt dan Newman yang baru didirikan, Salem Productions, dan merupakan film pertama mereka untuk Paramount Pictures.

Hud difilmkan di lokasi di Texas Panhandle, termasuk Claude, Texas. Skenarionya adalah oleh Irving Ravetch dan Harriet Frank, Jr. dan didasarkan pada novel Larry McMurtry tahun 1961, “Horseman, Pass By”. Judul filmnya diambil dari Hud Bannon, karakter minor dalam naskah aslinya namun dikerjakan ulang sebagai peran utama. Dengan karakter utamanya antihero, Hud kemudian digambarkan sebagai revisionis Barat.

9. Seconds (1966)

Seconds adalah film drama fiksi ilmiah Amerika 1966 yang disutradarai John Frankenheimer dan dibintangi Rock Hudson. Skenario yang ditulis Lewis John Carlino didasarkan pada novel berjudul sama karya David Ely. Film ini masuk dalam Festival Film Cannes 1966 dan dirilis Paramount Pictures.

Pada tahun 2015, Perpustakaan Kongres Amerika Serikat memilih film ini untuk dilestarikan di National Film Registry, atas dasar “budaya, historis, dan estetis.”

10. Funny Lady (1975)

Funny Lady adalah film drama komedi biografi Amerika yang dibintangi Barbra Streisand, James Caan, Omar Sharif, Roddy McDowall, dan Ben Vereen. Film ini adalah sekuel film Funny Girl produksi 1968.Film bercerita tentang catatan fiksi tentang kehidupan dan karier komedian Fanny Brice dan pernikahannya dengan penulis lagu dan impresario Billy Rose. (Equity World)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta

SSC, EWF, PT EWF