Equity World | 10 Surga Tersembunyi Ini Cuma Ada di Lumajang, Piknik Kuy!

Equity World | Nama Kabupaten Lumajang mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga kamu. Ya, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur tersebut memang nggak setenar Yogyakarta atau Pulau Bali untuk urusan tempat wisata.

Padahal Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang strategis. Di sisi selatan ia berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sementara datarannya diapit oleh gunung-gunung eksotis seperti Semeru, Bromo, dan Lemongan.

Dengan kondisi geografis seperti itu sudah bisa ditebak, Lumajang punya kekayaan alam tersembunyi yang belum tentu ada di wilayah lain di Indonesia.

Berikut ulasannya 10 surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Lumajang, dikutip dari brilio.net

1. Air Terjun Sarun.

Kondisi geografis yang dikelilingi oleh banyak gunung membuat Lumajang jadi punya banyak air terjun nan eksotis. Salah satunya adalah Air Terjun Sarun. Air terjun ini terletak di Desa Bedayu, Kecamatan Senduro, sekitar 17 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Lumajang.

2. Air Terjun Kabut Pelangi.

Warga lokal menyebutnya Coban Kabut Pelangi. Dinamakan demikian karena di tempat ini sering terlihat pelangi karena pembiasan air dan cahaya matahari. Coban Kabut Pelangi terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, sekitar 44 km dari pusat kota Lumajang.

3. Coban Sewu.

Coban Sewu atau Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo dan masih satu kecamatan dengan Air Terjun Kabut Pelangi. Air terjun setinggi 180 meter ini dihiasi tumbuhan-tumbuhan hijau yang menempel di dinding tebing yang berwarna kecokelatan. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5000 untuk menikmati air terjun yang indah ini.

4. Air Terjun Antrukan Manggisan.

Air terjun yang indah ini berada di barat laut Kabupaten Lumajang. Tepatnya masih satu desa dengan Coban Sewu, sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Lumajang. Pesona keindahannya masih tersembunyi, jadi kamu perlu usaha ekstra agar sampai di air terjun nan eksotis ini.

5. Air Terjun Kapas Biru.

Air Terjun Kapas Biru masih terletak di satu kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Pronojiwo. Air terjun yang satu ini juga nggak kalah indah dibanding saudara-saudaranya di atas. Untuk menikmati keindahannya kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

6. Coban Pawon.

Satu lagi, ada Coban Pawon yang terletak di Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit. Air terjun yang satu ini dinamakan Pawon yang berarti dapur. Dinamakan demikian karena airnya masuk ke dalam goa vertikal sehingga mirip tungku perapian yang biasa dipakai memasak di dapur.

7. Gunung Lemongan.

Gunung Lemongan terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Probolinggo. Untuk sampai ke Gunung ini membutuhkan perjalanan sekitar 30 Menit dari pasar Klakah, Lumajang. Puncaknya terletak di ketinggian sekitar 1676 meter diatas permukaan laut. Meski medannya sangat menantang dan perlu usaha keras untuk sampai puncaknya, namun pesona pemandangan di puncaknya dijamin cukup membayar rasa lelahmu.

8. Puncak Bukit B29.

Puncak Bukit B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Dari puncak bukit ini kita bisa melihat hamparan lautan awan putih dan kita bisa menikmati sensasi seperti sedang berada diatas awan. Dari puncaknya, kamu bisa menyaksikan keindahan alam seperti barisan pegunungan Mahameru. Selain itu kamu juga akan disajikan pesona gurun pasir Bromo, dan sunrise dan sunset juga menjadi suguhan pemandangan alam yang sangat indah untuk disaksikan di lokasi ini.

9. Pantai Dampar.

Pantai Dampar terletak di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Lumajang. Pengunjung yang menuju Pantai Dampar akan terlebih dahulu berjumpa dengan Danau Dampar yang terletak berdampingan.

Antara danau dan pantai hanya dibatasi oleh hamparan pasir Pantai Dampar. Setelah menyeberangi danau menggunakan sampan, pengunjung akan sampai ke Pantai Dampar, dan langsung di sambut oleh pasir berwarna hitam dan bersih khas pantai selatan. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk menikmati pantai nan eksotis ini.

10. Ranu Kumbolo.

Siapa yang tak kenal Ranu Kumbolo? Pesona keindahan danau yang satu ini semakin terkenal setelah booming film 5 cm. Danau nan indah ini merupakan tempat favorit para pendaki untuk beristirahat sejenak. Dengan ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, kamu bisa menyaksikan sunrise yang menyembul di antara dua bukit yang terpampang di depan danau. (JK- Equity World)