Equity World | 3 Trik Raih Pekerjaan pada 2018

pt equityworld

Equity World | Banyak orang membuat resolusi pada tahun baru. Biasanya resolusi tersebut berkaitan untuk meningkatkan kualitas pribadi seseorang termasuk saat mencari pekerjaan.

Sejumlah orang ingin kurangi berat badan, lainnya ingin hentikan kebiasaan jelek, dan juga ada berharap dapat pekerjaan lebih baik. Untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik, Anda membutuhkan perusahaan yang butuh tenaga kerja. Oleh karena itu, Anda pun harus mempersiapkan diri agar menjadi salah satu kandidat yang diperhitungkan.

Anda tidak dapat mengontrol yang akan mengerjakan Anda, tetapi Anda bisa meningkatkan kemampuan diri Anda. Berikut tips untuk menemukan dan dapat pekerjaan lebih baik :

1. Jaringan

Ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik. Anda dapat mencoba ambil kursus dan dapatkan sertifikat untuk meningkatkan kemampuan diri Anda.

Tak hanya itu, coba fokus untuk memiliki jaringan luas dan bagus. Memang sangat penting punya kemampuan baik dan resume yang bagus. Akan tetapi, siapa tahu orang yang Anda temui bisa jadi memberi kesempatan untuk Anda. Berdasarkan laporan Linkedln pada 2015-2016, sekitar 85 persen pekerjaan terisi lewat jaringan.

Anda mungkin tak tahu siapa yang akan menawarkan pekerjaan yang baru. Jadi pastikan pada tahun baru 2018 menjadi kesempatan untuk membangun hubungan dan mengembangkan daftar jaringan Anda. Ada sejumlah cara dapat dilakukan untuk bangun jaringan antara lain menghadiri kegiatan industri, media sosial, website dan lainnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Anda

Perusahaan ingin memiliki karyawan terampil. Akan tetapi, ada banyak orang mengatakan kalau belum dapat pekerjaan lebih baik karena tidak penuhi syarat. Oleh karena itu, lakukan sesuatu.

Anda bisa bertanya kepada bagian sumber daya manusia (SDM) mengenai keterampilan yang dibutuhkan. Atau kebutuhan dan keterampilan apa yang dibutuhkan terkait pekerjaan yang Anda incar. Setelah mengetahuinya, kemudian ikuti pelatihan dan kursus untuk meningkatkan kemampuan.

Ini bukan hanya berlaku bagi orang yang ingin masuk ke bidang baru. Namun, jika Anda sudah memiliki gelar profesional, mungkin ada sertifikasi dan spesialisasi tertentu yang dapat ditambahkan dalam pendidikan Anda.

Luangkan waktu untuk secara aktif mencari tahu apa yang dibutuhkan dan bernilai lebih dari apa yang Anda dapatkan hari ini. Investasikan diri Anda dengan lebih banyak pelatihan.

3. Jadi Kandidat yang Baik Saat Wawancara

Sejumlah orang secara alami pandai saat wawancara. Akan tetapi, ada juga yang tidak. Ada seseorang memiliki resume pekerjaan baik. Namun, saat wawancara tidak merasa nyaman dan bagus. Ini dapat merugikan saat wawancara.

Bila seseorang tidak siap dengan wawancara, kemungkinan pihak SDM belum bisa rekomendasikan ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik saat wawancara kerja mulai dari profil perusahaan, pekerjaan, dan lainnya.

Agar berhasil wawancara kerja, jadi dibutuhkan persiapan matang dan latihan. Salah satunya dengan meminta tolong teman untuk pura-pura melakukan wawancara dengan Anda. Catat setiap Anda menjawab saat wawancara kerja. (Equity World)

Save

Save