Equity World | 4 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam Pemilu

pt equityworld

Equity World | Dari keseluruhan jumlah total pemilih dalam pemilu tahun 2019 mendatang, ternyata 40 persen dari data tersebut terdiri dari golongan millennials. Sedangkan para millennials sendiri cenderung cuek dengan urusan politik.

Dari ketidaktahuan mereka mengenai kandidat capres dan cawapres ataupun karena seringkali merasa suara mereka tidak pernah didengar. Hal ini menyebabkan millennials memilih untuk tidak menggunakan hak pilih mereka dalam menentukan siapa yang berhak memimpin bangsa Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masing-masing paslon untuk meningkatkan sikap demokrasi para milennials, dari melakukan kampanye yang tertib sampai menggunakan media kekinian untuk menarik simpati generasi milennials.

Namun, upaya tersebut tidak akan berhasil jika tidak disertai kesadaran diri masing-masing. Millennials harus tahu pentingnya menggunakan hak pilih mereka dalam menentukan masa depan bangsa. Berikut ada 5 alasan agar para millennials menghindari golput.

1. Gak semua orang memiliki hak pilih seperti kamu

Untuk penduduk yang belum mencapai usia 17 tahun dan belum memiliki ktp serta mereka yang belum terdaftar sensus penduduk tidak berhak memilih atau tidak memiliki hak pilih. Sedangkan mereka sendiri ingin sekali suara mereka didengar dalam pemilu.

Nah, kamu yang memiliki hak pilih kenapa harus golput sedangkan banyak di luar sana yang berusaha agar mendapatkan hak pilih.

2. Pilihanmu menentukan masa depan bangsa

Gak peduli sebanyak apapun jumlah pemilih dalam pemilu mendatang, yang jelas suaramu akan terhitung. Dengan ini, kamu ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia sendiri dengan hak pilih yang kamu miliki. Jika millennials tidak menggunakan hak pilih mereka, siapa lagi yang akan berusaha memperbaiki bangsa Indonesia?

3. Kandidat yang terpilih dalam pemilu akan mempengaruhi hidupmu

Siapapun yang terpilih sebagai presiden dalam pemilu 2019 mendatang memiliki keinginan untuk memperbaiki Indonesia. Mereka memiliki program kerja yang akan mengubah hidupmu kedepannya. Dan kamu berkesempatan untuk menentukan siapa yang berhak untuk memimpin bangsa Indonesia.

Millennials harus menggunakan hak pilih mereka, karena siapapun yang terpilih nanti akan mempengaruhi kehidupan mereka nantinya. Namun, jika kamu memilih golput, berarti sama saja kamu membiarkan apa yang akan terjadi dalam hidupmu mendatang ditentukan oleh orang lain, bukan dirimu sendiri.

4. Demokrasi didapatkan dengan perjuangan yang tidak mudah

Siapa yang mengatakan demokrasi kita dapatkan hanya dengan membalik telapak tangan. Karena sesungguhnya demokrasi kita dapatkan dengan perjuangan tanpa henti oleh para generasi terdahulu. Mereka mengorbankan nyawa mereka demi menuntut demokrasi hingga sampai dalam masa reformasi.

Mereka berharap dengan diadakannya demokrasi, Indonesia akan memiliki sosok pemimpin yang dapat membawa negara kita menjadi negara maju yang mapan. Dalam era sekarang, perjuanganmu cukup dengan menggunakan hak pilihmu. Jadi gunakanlah hak tersebut dengan baik dan jangan disia-siakan. (Equity World)