Equity World | 5 Bagian Tubuh Ini Bisa Memberimu Sinyal Saat Kekurangan Vitamin

pt equityworld

Equity World | Ingin tahu apakah asupan vitamin dan mineralmu tercukupi? Kamu tidak perlu pergi ke dokter untuk memeriksanya. Ternyata 5 bagian tubuh ini bisa memberi sinyal apakah kamu kekurangan vitamin atau tidak. Mempelajari beberapa indikator umum kekurangan vitamin dan mineral dapat memberimu wawasan yang kamu perlukan untuk memastikan kesehatanmu.

1. Rambut

Rambut kering dan rapuh mengindikasikan jika tubuh kekurangan zat besi atau protein. Sedangkan rambut rontok berarti menandakan kamu kekurangan vitamin D. Kamu perlu mengkonsusmi lebih banyak susu atau yogurt setiap hari, Ikan salmon dan tuna, daging merah, sayur bayam, jeroan hewan, dan memperbanyak aktifitas di luar ruangan untuk mendapat paparan sinar matahari pagi.

2. Kulit

Jika kamu mudah memar, kemungkinan kamu kekurangan vitamin K. . Kulit kering mungkin mengindikasikan perlunya peningkatan vitamin A atau E. Kurangnya vitamin ini juga dapat menyebabkan benjolan merah kecil di bagian belakang tanganmu. Perbanyaklah mengkonsumsi brokoli, sayuran hijau, avokad, pepaya, tomat, wortel, susu, dan makanan ain yang mengandung tiga vitamin diatas.
3. Mulut

Kamu sering sariawan berarti kamu kekurangan banyak vitamin termasuk B12, asam folat, zinc, dan zat besi. sedangkan jika sudut mulutmu mengalami pecah – pecah, kamu memerlukan banyak vitamin B2. Perbanyak mengkonsmsi daging, produk susu, kacang-kacangan,  sayuran hijau, dan buah. Jangan lupa untuk memaksimalkan minum air putih juga.

4. Kuku

Jika kuku jari tangan maupun kakimu rapuh, berarti kamu memerlukan lebih banyak vitamin A, vitamin C, dan biotin. kuku yang berbentuk melengkung seperti sendok menandakan kamu kekurangan zat besi. mengkonsumsi wortel, buah yang mengandung vitamin c, produk susu, kedelai, jamur, mentimun, kacang-kacangan dan telur membantumu meningkatkan asupan vitamin di atas.

5. Otot dan Saraf

Bangun dengan kram otot di kaki atau tangan ? kamu mungkin perlu meningkatkan asupan magnesium, kalsium, potasium dan zinc. Otot berkedut mungkin menunjukkan kekurangan kalsium dan magnesium. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan dingin, kesemutan dan mati rasa di tangan dan kakimu. Ini berarti kamu perlu memperbanyak mengkonsumsi susu dan yogurt, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, ikan tuna atau salmon, dan daging merah.

Nah, mulai sekarang jangan dibiarkan ya kalau beberapa bagian tubuhmu mengalami kerapuhan, kering, atau tidak beres. Rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin supaya kesehatanmu juga terjaga. (Equity World)