Equity World | 5 Cara Mencegah Makan Berlebihan

PT Equityworld 105

Equity World | Kebiasaan makan banyak tanpa terkendali bisa jadi alasan utama mengapa berat badan tidak juga turun, bahkan bertambah terus-terusan. Masalahnya, kita seringkali tidak sadar sudah mengasup kalori banyak karena perut masih juga lapar atau mulut masih ingin terus mengunyah.

Nah bila ingin menghentikan kebiasaan “makan tanpa sadar” tersebut, Anda bisa mencoba ikuti tips berikut ini.

1. Kenali rasa lapar palsu

Kita seringkali merasa lapar setiap saat sehingga ingin makan terus menerus dan akhirnya makan dengan porsi yang berlebihan. Padahal, bisa saja rasa lapar itu hanya sekadar lapar mata saja atau disebut juga dengan false hunger.

Rasa lapar yang seperti ini bisa datang ketika kita sedang merasa bosan, marah, atau sedih. Jadi, otak menjadikan makanan sebagai pelarian. Alhasil, kita makan berlebihan dan semakin jauh dengan berat badan ideal yang diinginkan.

Untuk mengatasinya, kita bisa membuat catatan kapan mulai terasa lapar dan makan dengan porsi yang banyak, kemudian tulis juga apa yang dirasakan saat itu, apakah merasa sedih, stres, atau tertekan. Dengan begitu, kita akan tahu dengan benar apa yang memicu rasa lapar itu sehingga dapat mengatasinya di kemudian hari.

2. Makan dengan perlahan

Saat lapar datang entah itu lapar palsu atau memang perut sedang keroncongan – kita mungkin akan makan dengan lahap dan cepat. Justru, kebiasaan makan seperti ini membuat porsi makan menjadi berlipat-lipat.

Pasalnya, perut butuh waktu sekitar 12-20 menit untuk tahu memberi tanda pada otak apakah ia sudah penuh atau belum. Oleh karena itu, jika kita mengisi perut dengan makanan terus-terusan, maka perut akan kebingungan kapan ia harus mengirimkan sinyal tanda kenyang. Akhirnya, kita malah akan terus merasa lapar.

3. Jangan melewatkan waktu makan

Nah, anggapan ini yang sering salah. Banyak yang menghindari waktu makan agar mereka tak mengonsumsi makanan berlebihan. Bila ini dilakukan, yang terjadi justru sebaliknya, nafsu makan akan meningkat ketika bertemu waktu makan selanjutnya, sehingga kita tak tahan untuk tidak makan banyak. Bisa dibilang kita ‘balas dendam’ karena tidak makan sebelumnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition mengungkapkan, orang yang makan 3 kali dalam sehari memiliki kepuasan terhadap makanannya dan punya rasa kenyang hingga 24 jam. Sementara, orang yang makan hanya 2 kali sehari, rasa kenyangnya tak akan berlangsung lama.

4. Sediakan cemilan sehat

Trik lain yang bisa bikin kita tidak makan banyak adalah dengan mengonsumsi camilan. Tak sembarang camilan, tentunya harus memilih camilan yang sehat dan juga mengenyangkan.

Karenanya pilih camilan yang mengandung serat dan protein tinggi, yang dicerna perlahan, sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama dan tak minta diisi terus menerus.

5. Atur porsi dan jadwal makan yang rutin

Memiliki jadwal makan yang rutin membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung  terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu. Hal ini menghindari munculnya lapar palsu yang bisa saja bikin kita makan banyak.

Selain itu, kita dapat mengatur porsi makan dengan cara menggunakan wadah makanan yang lebih kecil dari biasanya. Wadah makanan yang hanya dapat menampung sedikit makanan saja bisa mencegah makan berlebihan karena kita merasa piring sudah penuh. (Equity World)