Equity World | 5 Perubahan Tubuh yang Terlihat Saat Kekurangan Vitamin & Mineral

pt equityworld

Equity World | Untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh tetap terjaga, tentunya tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Tubuh membutuhkan protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak sebagai asupan sehari-hari. Namun seringkali kita mengabaikan asupan vitamin dan mineral padahal hal tersebut juga sama dibutuhkannya oleh tubuh.

Biasanya tubuh akan memberikan tanda saat terjadi defisiensi vitamin yang tentunya harus segera kita atasi, berikut lima perubahan pada tubuh saat terjadi kekurangan vitamin dan mineral yang harus kamu tahu!

1. Mata

Saat bangun tidur ketika matamu terlihat bengkak padahal malamnya tidak menangis boleh jadi kamu sedang kekurangan yodium. Sebagaimana yang kita tahu yodium berfungsi menjaga metabolisme tubuh dan merangsang pembentukan hormon tiroksin yang mengatur proses metabolisme.

Saat mata terlihat bengkak dan tak sehat, lebih baik segera penuhi asupan nutrisimu dan usahakan jangan makan junkfood yang tak mengandung nilai gizi.

2. Bibir

Tanda lainnya saat kamu kekurangan vitamin dan mineral adalah bibir tampak pucat. Saat ini terjadi biasanya hal itu dikarenakan kamu kekurangan zat besi di dalam tubuh. Ketika kamu kekurangan zat besi biasanya kamu akan terkena anemia.

Kekurangan zat besi akan membuat kekebalan tubuhmu melemah dan akan membuatmu rentan terhadap penyakit. Segera atasi hal ini dengan rajin makan daging merah, bayam, dan sea food.

3. Kulit

Tanda lainnya kamu sedang kekurangan vitamin dan mineral adalah kulit tampak pucat bahkan mudah lelah. Perubahan tubuh ini disebabkan kamu sedang kekurangan vitamin B12 sehingga kulitmu tampak pucat. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya konsumsi ikan salmon dan makanan laut lainnya akan memenuhi asupan vitamin B12.

4. Gusi

Selanjutnya saat gusi selalu berdarah itu menandakan kamu sedang kekurangan vitamin C. Apabila hal ini tidak segera diatasi bisa saja kamu malah terkena berbagai penyakit lain yaitu mudah memar, nyeri otot dan sendi, sariawan, bahkan kamu akan mudah mengalami pendarahan. Segera atasi hal ini dengan rajin konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk.

5. Rambut

Tanda terakhir bahwa tubuhmu kekurangan berbagai vitamin adalah rambut mudah rontok. Hal ini disebabkan kurangnya asupan vitamin B7 atau dengan nama lain yaitu biotin. Vitamin ini berfungsi untuk menguatkan rambut dan kuku yang umumnya mudah ditemukan di kacang-kacangan seperti kacang almond dan polong. Nah jangan lupa konsumsi makanan tersebut ya agar rambutmu tak mudah rapuh lagi. (Equity World)