Equity World | 7 Fakta Penggunaan Smartphone Bisa Memicu Migrain Kambuh, Hati-hati Ya

pt equityworld

Equity World | Kamu punya riwayat migrain atau sakit kepala sebelah? Mulai sekarang, kamu perlu hati-hati dalam menggunakan smartphone ya. Bukan berarti gak boleh, namun gunakan dengan cara yang lebih bijaksana lagi.

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari International Headache Society yang didokumentasikan pada jurnal Cephalalgia, terlalu lama menatap layar smartphone jadi salah satu pemicu migrain kambuh. Penelitian dilakukan kepada 5.000 dewasa muda berusia rata-rata 20 tahun dengan melihat lamanya mereka menatap layar. Untuk lebih jelasnya, berikut fakta-faktanya.

1. Semakin sering kamu bermain smartphone, semakin besar pula risiko migrain yang akan kamu alami

Bermain smartphone untuk keperluan media sosial, bermain game atau menonton film ternyata meningkatkan risiko migrain seseorang, terlebih untuk mereka yang punya riwayat migrain sebelumnya.

2. Hal ini disebabkan paparan cahaya biru dari smartphone atau gawai lainnya

Para ahli belum menemukan sebab pasti hubungan antara migrain dengan kebiasaan bermain smartphone. Itu karena durasi penggunaan tiap orang berbeda-beda.

Namun, para ahli menduga bahwa paparan cahaya birulah yang menjadi penyebabnya. Paparan cahaya biru dapat mengganggu sinyal otak dan memicu stres. Adapun, stres yang berkelanjutan akan menumpuk dan menyebabkan migrain.

3. Bisa juga disebabkan oleh posisi tubuh yang salah

Biasanya, seseorang yang menggunakan smartphone akan menunduk untuk melihat layar, sehingga smartphone berada di bawah mata. Itu bisa menyebabkan ketegangan otot, terutama otot-otot pada leher yang terhubung pada kepala, sehingga lama-kelamaan memicu migrain. Adapun salah satu cara untuk mencegahnya dengan mengangkat smartphone milikmu agar lehermu gak terlalu kaku.

4. Bisa juga disebabkan karena begadang

Seseorang yang kurang tidur rentan mengalami migrain daripada seseorang yang tidurnya cukup. Karena itu, jangan biasakan begadang buat main smartphone ya.

5. Menggunakan smartphone boleh saja, namun batasi penggunaannya ya

Sesuatu yang berlebihan memang gak baik. Jangan biasakan membuka smartphone ke mana-mana. Berikan waktu untuk melakukan hal yang lain, seperti untuk teman dan keluarga. Sama serunya kok! Adapun, cara mudah untuk mengendalikan diri dengan memasang pengatur waktu (timer) dengan aplikasi bawaan atau pihak ketiga agar gak terlalu lama main smartphone.

6. Alihkan pandangan setelah 20 menit menggunakan smartphone ya

Setiap 20 menit, pandanglah benda jauh selama 20 detik. Itu berguna untuk meregangkan otot-otot matamu. Selingi juga dengan aktivitas yang gak berhubungan dengan layar, seperti membaca buku atau berolahraga.

7. Jangan sungkan untuk berkonsultasi jika migrainmu kambuh atau kamu terlalu kecanduan bermain smartphone

Candu bisa berbentuk apa pun, salah satunya kecanduan smartphone. Gak ada salahnya loh buat kamu konsultasi kepada dokter. Selain itu, kalau migrainmu kambuh karena ini, lekaslah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. (Equity World)