Equity World | 7 Fakta Penyebab dan Cara Menghilangkan Cegukan dengan Segera

pt equityworld

Equity World | Cegukan merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengeluarkan bunyi “hik” tanpa disengaja, yang dapat berlangsung dalam hitungan detik atau menit (sementara) atau dapat juga berlangsung hingga berjam-jam lamanya sampai berhari-hari. Cegukan sendiri bisa dialami dari mulai bayi, anak-anak sampai orang dewasa.

Cegukan sering kali membuat kita tidak nyaman karena datangnya secara tiba-tiba. Banyak hal yang dapat menyebabkan kita cegukan, inilah beberapa penyebab dan cara menghilangkan cegukan dengan segera seperti yang ada di bawah ini. Yuk, baca selengkapnya!

1. Kontraksi otot diafragma yang abnormal menyebabkan munculnya suara “hik” saat cegukan

Seperti yang kita ketahui, diafragma memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia. Cegukan terjadi akibat otot diafragma, otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut.

Saat cegukan, otot diafrgama secara tiba-tiba berkontraksi, menyebabkan udara menjadi sangat cepat masuk ke paru-paru, sehingga menjadikan katup saluran pernapasan tertutup dan menghasilkan suara “hik.”

2. Beberapa penyakit dapat mengakibatkan cegukan

Menurut seorang dokter di California, kondisi gangguan pada kantong empedu, emboli paru dan tumor bisa menjadi salah satu pemicu cegukan.

Penyebab toksik atau metabolik, seperti anestesi atau uremia, yang hubungannya dekat dengan gagal ginjal, dapat juga menjadi salah satu penyebab cegukannya seseorang.

3. Penyebab lain cegukan yang harus kamu ketahui juga

Makan dengan porsi berlebihan, yang menyebabkan kondisi perut terlalu penuh menampung makanan, bisa menyebabkan cegukan.

Penyebab lain dari cegukan adalah merokok, banyak mengonsumsi alkohol, stres emosional atau terlalu senang dan perubahan suhu yang terlalu cepat.

4. Durasi terjadinya cegukan

Secara umum, cegukan bisa dengan cepat diatasi, hanya dalam hitungan beberapa menit. Namun, ternyata cegukan bisa juga lho berlangsung hingga 48 jam lamanya bahkan berhari-hari.

Cegukan yang terlalu lama dapat menyebabkan kurang tidur, berat badan turun dan kelelahan. Jika mengalami cegukan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka harus segera periksa ke dokter, karena dikhawatirkan terjangkit suatu penyakit.

5. Cara menghilangkan cegukan yang pertama: bernapas dengan kantong plastik atau kertas

Memilih cara ini untuk mengantisipasi cegukan sama seperti bernapas biasa, bedanya hanya terletak menggunakan kantong plastik atau kertas.

Tujuannya sama, dengan menahan nafas, yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida yang ada di dalam tubuh. Karena dengan cara ini, kalian akan menghirup kembali karbondioksida yang telah di keluarkan.

6. Cara menghilangkan cegukan yang kedua: meminum perasan jeruk nipis

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan saat cegukan. Caranya adalah memeras jeruk nipis langsung di mulut. Khasiatnya sangat dipercaya bisa menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

7. Cara menghilangkan cegukan yang ketiga: pengobatan jalur medis untuk cegukan yang berkepanjangan

Cara medis dapat ditempuh jika melalui cara sederhana tidak berhasil dan terjadi lebih dari semingguan. Kamu bisa mencoba akupuntur, terapi pernapasan khusus atau mengkonsumsi obat seperti chlorpromazine, metoclopramide arau baclofen.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan cegukan dengan segera mungkin. Tips atau metode ini dapat membantu kalian jika nanti sewaktu-waktu kalian mengalami cegukan, baik periode yang sebentar ataupun berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (Equity World)