Equity World | 7 Kebiasaan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Tingkatkan Daya Ingat

PT Equityworld 127

Equity World | Pasti kamu sering mendengar pernyataan di atas dijadikan alasan orang ketika mereka lupa sesuatu. Memang sih, bukan manusia namanya kalau nggak pernah lupa seumur hidupnya. Itu karena otak kita terbagi menjadi dua bagian dilihat dari jenis memorinya, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Jika kamu nggak mengulang atau menggunakan suatu informasi, keberadaannya di otakmu juga nggak akan lama. Informasi itulah yang disimpan di memori jangka pendek. Pun sebaliknya.

Nah, meski begitu, masih banyak orang yang mengeluh kesulitan mengingat sesuatu meski berusaha menyimpannya dengan baik. Ternyata ada banyak faktor yang bisa membuat mereka mudah melupakannya lho. Mulai dari cara mereka belajar atau menghafal, sampai suasana yang mereka rasakan saat menerima informasi itu. Buat kamu yang merasa punya daya ingat lemah, berikut tips soal cara-cara yang bisa kamu lakukan agar mudah mengingat sesuatu.

1. Kiat pertama adalah tentukan informasi apa saja yang jadi prioritasmu

Kamu sadar ‘kan ada banyak sekali informasi yang bisa kita terima setiap hari, bahkan setiap jam? Nah kalau kamu termasuk orang yang menerima semua informasi tanpa disaring terlebih dulu, mungkin itu jadi salah satu faktor kenapa daya ingatmu rendah. Jika kamu ingin lebih mudah mengingat, tentukan informasi yang jadi prioritasmu. Cobalah untuk sedikit abai dengan hal-hal yang sebenarnya nggak relevan sama hidupmu.

2. Latih otakmu dengan menghafal kebalikan dari info yang mau kamu ingat terus

Dibandingkan dengan hanya mengingat satu hal dari satu perspektif, alangkah lebih baik kalau kamu juga mengingat kebalikannya. Misalnya kamu sedang mendalami bahasa Inggris dan kebetulan sedang menghafal bab aktivitas, kamu bisa gunakan cara ini. Bahasa inggris dari ‘berlari’ adalah ‘run’, supaya lebih mudah mengingat hafalkan juga bahasa inggris dari ‘berjalan’ yakni ‘walk’. Otakmu akan lebih mudah menyimpan memori dengan menghafal kebalikannya juga.

3. Bangun imajinasimu tentang suatu tempat, ini akan memudahkan kamu mengingat tentang hal-hal yang berkaitan dengannya

Berimajinasi sangat memudahkanmu dalam mengingat sesuatu. Sebagai contoh, kamu sedang menghafal nama-nama barang dalam bahasa Perancis, kamu bisa mengingat benda-benda di rumahmu atau tempat lain. Di meja ruang tamu ada vas, bunga, gelas, dan seterusnya. Dengan mengingat posisi benda tersebut, kamu bisa lebih mudah mengingatnya, dibanding dengan menghafal teks saja.

4. Kalau kamu harus menghafal serangkaian informasi panjang, kaitkan saja dalam sebuah cerita

Menghafal rangkaian informasi yang panjang dalam waktu singkat memang cukup sulit. Kecuali kamu punya kelebihan bisa mengingat dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya kamu cuma perlu merangkai info-info tersebut dalam sebuah cerita. Karanglah cerita sesukamu. Alur cerita yang kamu buat sendiri ini bisa membantumu mengingat informasi penting tersebut dengan lebih mudah.

5. Hubungkan informasi yang ingin kamu ingat dengan hal lain yang sudah kamu tahu sebelumnya

Ini juga bisa kamu lakukan dengan mengaitkan info tersebut pada sesuatu yang identik dengannya. Misalnya kamu harus mengingat sebuah teori ilmiah, kamu cuma perlu mengaitkan misalnya dengan pencetusnya, atau bagaimana mulanya teori tersebut dibuat. Bisa juga dengan hal yang lebih sederhana misalnya saat kondisi apa dosenmu menjelaskan teori tersebut. Lalu petakan dengan: teori x = hujan lebat, teori y = mendung berangin, dan lain-lain.

6. Visualisasikan hal yang ingin kamu ingat. Bisa dengan bahasa tubuh lho

Ada kalanya suatu informasi lebih mudah diwakilkan secara visual. Kalau mau sederhana sih gunakan saja bahasa tubuhmu. Taruhlah contoh, untuk menghafal nama-nama binatang dalam bahasa Italia, kamu bisa mengingatnya dengan menirukan gaya setiap binatang itu sambil menghadap ke cermin. Mudah bukan?

7. Selain mengandalkan kemampuan otak dan tubuh, untuk lebih mudah mengingat sesuatu kamu juga bisa gunakan tape recorder

Mudah saja, kamu cuma perlu merekam setiap informasi yang ingin kamu ingat. Putar berkali-kali, sebanyak yang kamu mungkin lakukan. Cara ini sangat berguna bagi mereka yang daya ingatnya lebih banyak bekerja pada informasi-informasi yang bersifat audio. Kalau kamu belum tahu kemampuan daya ingatmu lebih condong ke mana, kamu bisa mencoba setiap kemungkinan yang ada. Misalnya hari A kamu coba mengingat info berbentuk audio, hari B info berbentuk visual, dan hari C yang berbentuk audio-visual.

Nah, gimana guys? Mana yang paling tertarik kamu coba? Kalau masih ragu, mending dicoba semua saja, nanti tinggal pilih mana yang bekerja paling baik untukmu. Selamat mencoba. (Equity World)