Equity World | 7 Perubahan Penting dalam Tubuh yang Tanpa Sadar Kita Alami Setiap Harinya

Equity World | Tahukah kamu, bahwa tubuh kita selalu mengalami perubahan setiap harinya? Ya, meski tak terlihat secara kasat mata, ternyata setiap saat setiap bagian dari tubuh manusia itu menunjukkan perkembangan, bahkan saat manusia sudah di usia dewasa sekalipun. Penasaran? Mari kita simak bersama-sama:

1. Tinggi badan kita selalu berkurang setiap hari

Namun tenang, tinggi tersebut akan bertambah lagi ketika kamu tertidur di malam hari. Aktivitas kita sehari-hari ternyata dapat menekan tulang rawan, sehingga akibatnya tubuh pun bisa memendek hingga 1 cm ketika masuk ke malam hari. Namun, saat kamu beristirahat, seluruh bagian tubuh akan meregang dan kamu pun bisa kembali memperoleh tinggi normalmu.

2. Selain itu, berat badan pun bisa berubah-ubah

Cobalah kamu menimbang berat tubuh beberapa kali dalam sehari: hasilnya belum tentu sama, lho. Sebab, berat tubuh kita banyak dipengaruhi oleh hormon kortisol, atau hormon stres yang berperan mengatur penyediaan energi dalam tubuh. Pada pagi hari, hormon kortisol ini akan aktif mengirim sinyal ke tubuh untuk memproduksi energi demi menunjang aktivitas. Sedangkan di malam hari, berat kita cenderung mudah naik dikarenakan produksi hormon ini pun menurun secara perlahan.

3. Berkurangnya elastisitas kulit

Setiap harinya, kulit kita sering tereskpos akan banyak hal: sinar matahari, debu, hingga makeup sekalipun. Secara tak langsung, hal ini juga berpengaruh pada elastisitas kulit kita. Itulah sebabnya, penggunaan pelembap amat dianjurkan agar kesehatan kulit tetap terjaga, dan tidak terlihat kusam.

4. Kepadatan tulang berkurang

Secara progresif, kepadatan tulang memang meningkat hingga batas maksimal usia 30-an. Namun, yang terjadi setelahnya ialah penurunan kepadatan tulang, dipicu oleh pertambahan umur serta pertumbuhan tulang baru yang cenderung lambat. Apabila hal ini tak diantisipasi sejak dini, dikhawatirkan kamu akan mengalami keterbatasan fisik saat beraktivitas di hari tua nantinya. Padahal, sebagai manusia tentu impian terbesar kita ialah menjalani waktu bersama orang-orang tersayang hingga tua nanti, bukan?

Peduli dengan hal ini, Anlene pun mengajak para perempuan di Indonesia untuk lebih aware akan kondisi kesehatan mereka, terutama bagian tulang. Sebab, banyak aktivitas kita akan bergantung pada kekuatan bagian tubuh yang satu ini. Tunjukkan komitmenmu untuk #TetapBisa aktif bergerak dengan mengikuti pledge di sini. Ingatlah bahwa kesehatanmu itu amat berharga; bukan hanya bagimu, namun juga bagi orang di sekitar yang membutuhkan kehadiranmu. Jadi, jangan sampai diabaikan ya!

5. Sel-sel dalam otak terus berkembang

Ternyata, perkembangan otak itu tak hanya terjadi saat kita kecil saja. Namun, proses ini juga terus berjalan hingga kita dewasa. Kuncinya cuma satu: rajinlah melakukan kegiatan yang dapat memicu kinerja otak untuk membentuk jalur syaraf baru. Banyak kok caranya, misal dengan membaca, mendengarkan musik, ataupun belajar bahasa baru.

6. Sendi dan otot melemah

Siapa bilang kesehatan sendi dan otot itu cuma penting buat orangtua kita saja? Kamu pun juga harus memerhatikannya, lho. Terutama buat perempuan nih, yang cenderung aktif melakukan banyak aktivitas mulai dari urusan kerjaan hingga keluarga. Yang menarik, terdapat survey yang menunjukkan bahwa 43% perempuan itu cenderung cuek soal kebugaran mereka, termasuk soal kesehatan tulang. Padahal kalau gak dijaga dengan baik, di hari tua nanti perempuan terancam gak bisa melakukan aktivitas normal seperti sekarang ini.

Gak mau dong hal ini terjadi padamu? Makanya, yuk jaga kesehatanmu dengan aktif bergerak. Sempatkan olahraga 3-5 hari dalam seminggu, atau bahkan stretching ringan saat kamu lagi mengejar deadline di kantor. Selain itu, lengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dengan susu seperti Anlene. Diperkaya dengan formula MoveMax, Anlene mampu menyediakan nutrisi yang membantu menjaga tiga bagian vital dalam sistem gerak tubuh: tulang, sendi, dan  otot. Apabila kebutuhan nutrisi untuk ketiga bagian ini dapat terjaga, dan berolahraga rutin, maka kamu sudah melakukan hal-hal penting yang dapat menunjangmu untuk bisa tetap bergerak aktif di usia senja.

7. Kondisi rambut yang semakin rapuh

Apabila diperhatikan lebih seksama, perubahan rambut pada manusia itu adalah hal yang tak terelakkan. Berubah di sini bukan hanya bicara soal warna rambut yang mengusam, namun juga teksturnya yang menjadi lebih tipis dan mudah kusut, yang menandakan bahwa ranmbut sedang dalam berada kondisi rapuh. Untuk mengantisipasinya, jaga kesehatan rambut dengan rutin menggunakan kondisioner, ya!

Nah, setelah lebih tahu beberapa fakta di atas, sekarang kamu jadi lebih aware dong akan kondisi tubuhmu? Yuk, mulai berkomitmen untuk menjaga kondisi tubuh. (Equity World)