Equity World | 7 Cara Tersehat Pakai Earphone Biar Gak Sakit Telinga dan Berdengung

Equity World

Equity World | Kamu sering pakai earphone? Earphone adalah salah satu alat terbaik untuk mendengarkan musik atau menelepon. Kamu pun bisa menggunakannya kapan pun dan di mana pun, baik saat kerja maupun saat berolahraga.

Namun, apakah kamu sudah yakin menggunakannya dengan benar? Penggunaan earphone yang salah bisa mengurangi fungsi pendengaran dan gak jarang bikin telingamu sakit, berdenging dan terasa nyeri. Karena itu, yuk simak cara terbaik menggunakannya berikut ini.

1. Jangan mendengarkan dengan volume terlalu keras

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik saat bekerja bisa meningkatkan konsentrasi, terutama jika kamu berada di ruangan yang bising. Namun, di sisi lain, mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang bisa berdampak buruk bagi pendengaranmu.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh WHO, sebanyak 43 juta penduduk dengan rentang usia 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran. Adapun, sebanyak 50 persen disebabkan oleh penggunaan volume yang terlalu kencang.

Dilansir dari MRC Institute of Hearing Research, rata-rata volume normal penggunaan earphone sebesar 95-105 desibel. Lebih dari itu sudah jadi polusi suara yang berbahaya bagi pendengaranmu.

2. Sering-seringlah membersihkan earphone milikmu

Kapan terakhir kali kamu membersihkan earphone milikmu? Earphone yang jarang dibersihkan jadi sarang bakteri untuk berkembang. Dilansir dari jurnal Researchgate, Chiranjay Mukhopadhyay menyampaikan bahwa earphone yang kotor jadi sarang bagi 68 persen bakteri.

3. Jangan biasakan pinjam earphone ya, pakai milikmu saja

Kebiasaan meminjam earphone pun bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri. Bisa-bisa kamu terkena infeksi telinga, seperti otitis eskterna. Namun, kalau pun kepepet, jangan lupa bersihkan dulu ya.

4. Istirahatkan telingamu setelah 1,5 jam menggunakan earphone

Telinga juga bisa merasa lelah. Karena itu, beri waktu istirahat beberapa menit sebelum kamu kembali mendengarkan musik.

5. Saat kamu lelah dengan kebisingan, lebih baik beranjak ke tempat sepi

Suara earphone atau kebisingan ruangan kantor bisa membuat telingamu lelah. Adapun, cara terbaik mengistirahatkan telingamu dengan pergi ke tempat tenang. Kalau perlu, pergi ke luar ruangan. Namun, jangan ke tempat bising lagi ya.

6. Hindari penggunaan earphone saat berada di jalan raya

Ini berlaku buat kamu yang sedang mengendarai kendaraan atau sebagai pejalan kaki. Suara earphone hanya akan membuatmu gak awas dengan suara kendaraan, klakson atau kereta api.

7. Jangan memasukkan earphone ke telinga terlalu dalam

Telinga punya mekanismenya tersendiri untuk mengeluarkan kotoran telinga. Jika kamu menyumpal telingamu terlalu lama atau terlalu dalam, kotoran tersebut akan menumpuk sehingga sulit untuk keluar.

Jika kamu mengalami masalah pendengaran akibat earphone, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter THT ya. Pada akhirnya, sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Jadi, bijak-bijak ya dalam menggunakan earphone. (Equity World)