Equity World | 8 Kebiasaan Ibu yang Bikin Bayi Jadi Cerdas. Sudah Lakukan Belum?

Equity World | Sebagai anak muda yang masih berstatus single, kamu jadi punya waktu untuk mengolah kemampuan diri saat berkeluarga nanti. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan, misalnya belajar masak, baca-baca buku parenting, dan bermain dengan balita atau bayi. Nah, ketika sedang bersama balita atau bayi, kamu jadi suka berpikir seperti apa nanti kalau punya anak nanti.

Punya anak yang cerdas bisa dibilang memang impian siapapun. Melihat buah hati sendiri yang begitu cerdas sejak kecil selalu jadi hal membahagiakan. Lalu, kamu sadar nggak kalau membuat anak cerdas sejak bayi itu memang kenyataannya bisa dilakukan? Dengan cara sederhana yang sehari-hari kamu biasa lakukan, hal-hal itu memang bisa membuat bayi jadi pintar. Ini dia 8 hal yang dikutip dari Hipwee.

1. ASI tak sekadar asupan. Tapi, banyak khasiat yang terkandung, khususnya untuk kecerdasan anak nanti

Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik bagi bayi. Kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan, pertumbuhan, dan kecerdasan tak ada yang mengalahkan. Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk keberlangsungan hidup bayi. Selain itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang diberi ASI eksklusif memang terbukti memiliki hasil tes lebih baik dibanding yang tidak.

2. Kontak mata dengan anak harus dilakukan agar dia paham ekspresi wajah Ibu

Siapa sih yang nggak senang melihat wajah anak bayi? Raut muka polosnya bikin kamu gregetan setiap saat. Nah, ketika sedang bermain jangan sungkan kamu tatap matanya supaya konsentrasi dan kepekaannya terlatih. Dia jadi bisa mengerti berbagai ekspresi wajah dan tentunya paham apa yang orang lain maksud nanti dari wajah.

3. Walau belum bisa ngomong, mengajak bicara dan bernyanyi pada bayi itu perlu. Anak jadi aktif dan menyenangkan

Satu hal yang pasti adalah sebisa mungkin ajak si bayi mengobrol. Meski dia belum bisa ngomong, hal itu tak masalah karena semakin dia sering kamu berbicara, kosa kata yang tersimpan dalam memori otaknya bertambah. Lambat laun pun dia mengerti dan akan merespons kata-kata kamu. Apalagi kalau sering diajak bernyanyi juga, cara komunikasimu dengan dia makin menyenangkan. Si bayi tentu saja jadi bersemangat mendengar kata-kata maupun lantunan lirik lagu yang kamu nyanyikan.

4. Meladeni anak bermain sambil buat tantangan sederhana, misalnya menyuruh anak melewati rintangan bantal-bantal atau main petak umpet

Kamu mungkin bakal lelah saat meladeni anak bayi bermain, yakni capek diucapan dan juga tingkah laku. Tapi, percayalah kalau sering bermain bersamanya akan membuat dia jadi cerdas. Karena disa terbiasa aktif merespon gerakan dan kata-kata kamu juga. Untuk itu, buatlah tantangan untuknya melalui permainan. Misalnya saja permainan rintangan bantal-bantal, bermain cilukba, atau petak umpet. Dengan begitu, kepekaan dan daya berpikirnya akan terlatih.

5. Mengeksplor tempat baru seperti pergi ke luar rumah. Anak jadi mengenal berbagai hewan (kucing, ayam, burung) dan kendaraan

Kamu harus menghilangkan rasa malas untuk ke luar rumah kalau memiliki anak nanti. Karena anak-anak sejak bayi perlu mengenal tempat baru – yang tak melulu di dalam rumah. Sederhananya kamu bisa mengajak bayi ke halaman atau jalanan depan rumah, lho. Tapi, bagusnya pilih waktu yang nggak terlalu ramai agar nggak banyak polusi udara yang terhirup. Maka dari itu, anakmu nanti dapat mengenal hewan-hewan sekitar rumah seperti kucing, ayam, dan burung, plus beragam kendaraan yang hilir-mudik. Pengetahuannya jadi semakin kaya!

6. Kenalkan bayi pada foto-foto dengan memberitahu siapa saja yang ada di foto itu. Dia jadi bisa membedakan rupa setiap orang

Menunjukkan foto-foto pada anak bayi akan membuat dia jadi pandai mengenal orang lain. Bayi jadi belajar bagaimana cara membedakan dan mengingat rupa orang. Tanpa disadari hal itu pun akan melatih daya ingatnya.

7. Bacakan buku sambil menghitung jumlah gambar orang yang ada. Lambat laun dia jadi tahu caranya

Memang belum masanya belajar sungguhan, tapi nggak ada salahnya sejak dini kamu coba mengajari bayi berhitung. Caranya yaitu kamu dapat bacakan buku bergambar, lalu gambar hewan atau orang-orang di sana kamu sebut jumlahnya. Lambat laun dia jadi paham sendiri cara menghitungnya.

8. Berikan beberapa tetes air dingin dan panas (hangat) atau berbagai makanan (sesuai umur) agar dia tahu perbedaan suhu minuman dan rasa

Untuk mengenalkan air dingin dan panas, kamu bisa mencobanya sejak dini. Misalnya saja memberikan air dingin dan panas beberapa tetes saja. Atau kamu juga bisa memberikan beragam makanan (sesuai umur) agar dia mengerti perbedaan rasa. Semakin banyak yang kamu berikan, dia jadi makin banyak mengenal perbedaan yang dirasakan oleh indera pengecap.

Punya anak pintar telah diidam-idamkan sejak lama. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa dari sekarang mempelajari cara membuat anak cerdas sejak dini. Dengan diri yang masih single, justru itu adalah kesempatan kamu untuk memahami caranya. Selamat mempraktekan ke ponakan atau anak-anak temanmu ya. (Equity World Jakarta)