Equity World | 9 Cara Ini Terbukti Secara Ilmiah Meningkatkan Daya Penglihatanmu

pt equityworld

Equity World | Sebuah prinsip dasar di bidang kesehatan adalah jika kamu gak menggunakan bagian ototmu, yang manapun itu, maka otot tersebut akan melemah. Seperti halnya otot yang lain, kamu perlu melatih otot mata dan membuatnya tetap bekerja dengan baik.

Ada banyak cara yang ditawarkan di iklan, yang sering kamu jumpai di media sosial, untuk membuat kinerja matamu tetap prima. Namun gak semuanya bisa dipercaya dan bahkan ada yang berisiko. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 9 cara yang terbukti efektif secara sains mampu meningkatkan daya penglihatanmu dan kesehatan matamu!

1. Hindari membuat matamu tegang dan bekerja berlebihan sepanjang hari

Tutup matamu beberapa menit dan nikmati kedamaian dalam mata tertutup itu setiap 2-3 jam sekali. Lakukan itu secara rutin untuk menjaga kesehatan matamu.

2. Berikut adalah 16 latihan dasar terkenal yang bisa kamu gunakan untuk melatih otot matamu

Kamu perlu menggerakkan matamu/memindahkan penglihatanmu sesuai dengan pola yang ditunjukkan. Lakukan setiap hari sesuai dengan urutan nomor yang tertera.

3. Kalau kamu mengenakan kacamata, kurangi waktu memakainya sesering mungkin

Kamu harus lebih sering melepasnya untuk membuat matamu gak ketergantungan. Ketika kamu kelelahan, baru pakailah kacamatamu.

4. Berikan matamu pijatan dengan bantuan gerakan memutar yang lembut

Gerakkan pijatanmu sesuai urutan arah dari nomor 1 hingga ke 6 sebagaimana tampak pada gambar. Lakukan dengan gak terlalu menekan, cukupan saja. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat matamu.

5. Ketika kamu berjalan di udara terbuka, coba untuk melihat ke arah objek yang sejauh mungkin

Kurangi melihat objek yang dekat atau bahkan kakimu sendiri. Ini akan melatih otot-otot matamu.

6. Minumlah jus wortel sesering mungkin

Kalau bisa lakukanlah rutin setiap hari. Kalaupun memang gak suka wortel, kamu bisa menyamarkan rasanya dengan dicampur menggunakan buah lain. Kalau mau membuat manfaatnya lebih maksimal, sertakan setetes atau dua tetes minyak zaitun ke dalamnya. Tenang aja, gak akan mengubah rasanya kok. Namun, penyerapannya gizi jus wortel di dalamnya jadi lebih efektif.

7. Ketika matamu merasa lelah, cucilah dengan air hangat

Awas, hati-hati jangan terlalu panas. Pastikan media cucinya bersih dan steril agar matamu gak iritasi.

8. Coba untuk gak melihat layar gadget selama setidaknya 2 jam sebelum tidur malam

Latih dirimu dari sekarang untuk menghindari akses ponsel, komputer atau TV setidaknya 2 jam sebelum berangkat ke alam mimpi. Lama-lama kamu akan terbiasa.

9. Cobalah latihan Trataka a la India untuk mata, itu akan membantu mata serta pikiranmu tetap fokus

Duduk menghadap suatu objek di ruangan terbuka (misalnya pilihlah lilin). Fokuskan matamu dan perhatianmu semua ke objek tersebut. Coba untuk gak berkedip sama sekali. Kamu harus mendapat gambaran yang tegas dan detail tentang objek tersebut di pikiran dan memorimu.

Kemudian tutuplah matamu, serta fokuskan perhatianmu pada ruang di antara alis matamu. Coba untuk menyimpan gambar objek tersebut di kepalamu selama yang kamu bisa. Lakukan ini selama 10 menit. Tujuan latihan ini adalah untuk mendapatkan gambaran jelas tentang sesuatu sebelum matamu lelah.

Cara-cara di atas sangat mudah diaplikasikan dan diterapkan sehari-hari. Kamu bisa mulai mencobanya dengan segera. Apalagi jika kamu sudah lelah dengan berbagai gangguan penglihatan atau masalah di matamu. (Equity World)