Equity World | 9 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Kulitmu Gampang Keriput, Kusam dan Jerawatan. Please, Hilangkan!

Equity World | Semua orang pasti ingin terlihat menarik, apalagi bisa tampil awet muda selamanya. Sayangnya, kulit manusia nggak akan selamanya seperti anak muda. Akan ada saatnya kulit mengalami penuaan karena genetik, faktor usia, atau bahkan akibat kebiasaan sehari-hari.

Memang, menjadi tua adalah sesuatu yang pasti terjadi. Tetapi terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang lebih cepat tua, di mana penyebabnya tersebut sering tidak disadari. Karena itulah, nggak jarang kita melihat orang yang usianya masih muda, tapi sudah memiliki tanda-tanda penuaan dini.

Percaya atau nggak, ada beberapa kebiasaan yang mungkin rutin kamu lakukan dan tanpa disadari malah mempercepat proses penuaan. Berikut poin-poin penjelasannya, dikutip dari hipwee.com :

1. Menonton TV terlalu sering dan lama membuat umur kita jadi berkurang. Ini penelitian lho yang bilang!
Duduk hingga berjam-jam di depan TV tidaklah baik untuk kesehatan organ tubuh terutama, pinggang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Queensland, setiap jam yang digunakan untuk menonton TV dapat mengurangi umur selama 22 menit.

Masih dari penelitian tersebut, hendaknya perlu mencari aktviitas lain yang lebih menggerakan badan. Bahkan, orang yang menonton TV dalam waktu lama akan beresiko tinggi terkena penyakit Alzheimer.

2. Terbiasa minum pakai sedotan? Hati-hati kalau wajahmu nanti dipenuhi kerutan
Ketika kita minum menggunakan sedotan, mulut akan mulai mengerut. Hal itu dapat menimbulkan kerutan di sekitar mulut dan sama halnya ketika merokok. Untuk itu, sangat disarankan agar kamu minum dari gelasnya langsung untuk menghindari terjadinya kerutan.

3. Jangan gampang marah kalau mau awet muda dan mood-mu pun akan selalu bahagia
Menyimpan dendam dalam hati tidaklah baik. Perlu diketahui bahwa hidup terlalu singkat dan berharga untuk dihabiskan mengingat-ingat kesalahan orang lain.

Memaafkan memang cukup sulit, tetapi dengan melupakannya akan membuat pikiran dan rasa di dadamu bebas. Adapun jika terus-terusan memendam dendam dan terus mengingatnya, maka membuat dada menjadi sesak, sehingga dapat membuat kamu lebih cepat tua.

4. Sering begadang? Ini nih penyebab utama kulitmu jadi kusam dan jerawatan
Tubuh membutuhkan waktu tidur minimal 6 jam untuk kebanyakan orang. Tidur yang cukup pun membantu memulihkan kondisi kesehatan. Bila kebiasaan begadang ini terjadi terlalu sering, mukamu akan terlihat lelah dan semakin menua.

5. Kurang minum air putih membuat kulitmu dehidrasi. Akibatnya, kondisinya kering dan keriput
Para ahli menjelaskan bahwa kekurangan konsumsi air menimbulkan stress pada kulit, yang menyebabkan kulit rentan berubah menjadi kusam dan keriput. Untuk menghindarinya, minumlah minimalnya 8 gelas dalam sehari. Selain dapat mencegah keriput, meminum air yang mencukupi untuk tubuh memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan seluruh organ tubuh.

Ingat, 80% tubuh kita terdiri dari air, lho.

6. Agendakan refreshing supaya tingkat stresmu nggak tinggi. Ingat, ini demi kesehatan!
Sama halnya dengan menyimpan dendam. Stres tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental, tetapi juga berdampak pada masalah fisik. Salah satunya membuat tubuh menjadi tampak lebih tua dari yang seharusnya.

Coba biasakan relaksasi diri setelah penat berpikir. Mungkin bisa juga kamu menambahkan aromaterapi di kamar tidur sehingga memperbaiki mood atau suasana hati.

7. Buatmu para cewek, jangan malas menghapus make-up supaya pori-porimu nggak tersumbat
Setelah lelah seharian beraktivitas di luar rumah, mungkin membuat malas untuk menghapus riasan pada wajah (make up). Kebiasaan seperti ini bisa menjadi penyebab cepat tua sebelum waktunya.

Debu dan polusi yang menempel di kulit menyebabkan timbulnya masalah kulit, seperti flek hitam, jerawat, dll. Nggak mau kan punya masalah kulit itu? Yuk, rajin, yuk!

8. Nggak mau ‘kan daerah sekitar matamu jadi keriput? So, jangan sering-sering mengucek mata, ya!
Mengucek mata menjadi kegiatan spontan yang sering sekali kita lakukan. Padahal, mengucek mata ini bisa mempercepat munculnya keriput di daerah sekitar mata. Untuk mencegahnya, tentu saja hindari (minimal kurangi) mengucek mata.

9. Makan makanan manis pun penyebab nomor wahid yang menyebabkan kulitmu jadi gampang rusak!
Makanan manis yang dimaksud terutama adalah permen. Permen memiliki sifat penghancur kolagen. Kalian tahu sendiri, ‘kan? Kolagen itu yang menjaga kelembaban kulit kita. Jadi, kalau kebanyakan makan permen, orang akan cepat menua.

Pemanis buatan seperti aspartam juga memiliki kaitan dengan sakit kepala dan nyeri sendi. Di kondisi tertentu, pemanis buatan dapat pula membuatmu ketagihan pemanis mulu.

Jadi gimana? Nggak mau ‘kan kulitmu yang menjadi aset ini jadi rusak gara-gara hal sepele? (JK- Equity World)