Equity World – Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Selasa (26/07), indeks Kospi berakhir naik 15,02 poin, atau 0,75 persen, pada 2,027.34. Posisi ini merupakan tertinggi sepanjang tahun 2016 ini. Penguatan indeks Kospiterdorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Korea Selatan kuartal kedua.

Lihat : Indeks Kospi 26 Juli Naik Terdorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

Equity World – Data yang dirilis oleh bank sentral Korea Selatan menunjukkan produk domestik bruto negara (PDB) tumbuh sebesar 0,7 persen pada kuartal pada kuartal kedua 2016, sejalan dengan jajak pendapat Reuters.

Konsumsi swasta, pengeluaran investasi bangunan, fasilitas investasi dan kekayaan intelektual produk investasi meningkat. Produksi di bidang manufaktur, konstruksi dan jasa naik.

Pada tahunan pertumbuhan PDB kuartal kedua naik 3,2 persen, dibandingkan dengan ekspektasi pasar untuk kenaikan 2,9 persen.

Lihat : PDB Q2 Korsel Naik 0,7 Persen Dengan Tingkat Suku Bunga 1,25 Persen

Pada akhir perdagangan sore ini, saham Samsung Electronics Co rebound 1,86 persen. Sehari sebelumnya, raksasa teknologi turun untuk sesi kedua berturut-turut, mengakhiri kemenangan beruntun enam hari.

Sedangkan saham SK Hynix Inc., beringsut turun 1,38 persen. Pembuat chip global yang sebelumnya melaporkan laba terendah kuartalan di 13 kalangan sebagai penurunan permintaan untuk smartphone dan komputer memukul harga chip.

Pemimpin industri otomotif Hyundai Motor naik tipis 0,37 persen. Perusahaan ini mengumumkan sebelumnya laba bersih turun sedikit dari tahun sebelumnya pada kuartal kedua pada penurunan ekspor dan keuntungan.

Sedangkan saham Kia Motors ditutup turun 0,12 persen.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 2,45 poin atau 0,98% pada 253.30, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 250.85.

Esok hari akan dirilis data Consumer Confidence Korea Selatan bulan Juli yang diperkirakan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan bergerak turun jika data Consumer Cinfidence terealisir melemah. Namun Indeks juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 250.12-247.23 dan kisaran Resistance 256.33-259.77. Equity World