Equity World | Demi Kesehatanmu Sendiri, Ini 5 Alasan Kenapa Sarapan Pagi itu Penting

pt equityworld

Equity World | Sarapan sangat penting untuk memulai hari, bukan hanya sekedar mengisi tenaga namun sangat baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Dalam waktu delapan jam kamu tidur, tubuh pun ikut beristirahat. Namun metabolisme dalam tubuh tetap bekerja dan tetap membutuhkan nutrisi.

Memulai pagi dengan sarapan bergizi membuatmu lebih berenergi sepanjang hari, tidak usah makanan berat, buah maupun roti sudah cukup untuk mengganjal perut. Makan di pagi hari ibarat tubuhmu sedang menerima “bahan bakar” untuk menjalani hari. Jadi agar tubuh lebih sehat mulailah pagi dengan sarapan, yuk simak ulasan mengapa sarapan pagi penting bagi kesehatan.

1. Menambah konsentrasi dan fokus

Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam beraktivitas. Berbagai permasalahan maupun aktivitas akan membutuhkan konsentrasi dan fokus tinggi untuk menyelesaikannya. Jadi memulai hari dengan sarapan pagi sangatlah penting.

2. Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa baik orang dewasa maupun anak-anak yang melakukan sarapan, mereka lebih memiliki berat badan yang ideal. Hal itu karena sarapan sehat dapat mengurangi rasa lapar sehingga di waktu makan siang otak tidak mendoktrin pikiran untuk melahap sembarangan makanan yang menyebabkan berat badan naik drastis.

3. Menambah energi

Otak membutuhkan glukosa untuk bekerja dengan optimal, setelah bangun tidur tubuh akan terasa lemas karena asupan makanan yang kurang terutama karbohidrat. Agar otak dapat bekerja secara normal, dibutuhkan asupan karbohidrat maupun asupan lain yang menunjang kinerja otak agar tetap bekerja secara stabil dan aktivitas pun dapat berjalan dengan lancar.

4. Bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang

Karena asupan yang masuk ke dalam tubuh teratur dan pemenuhan gizi yang diperhatikan, kerja organ pada tubuh pun tidak akan terlalu keras. Sistem pencernaan yang telah tertata baik membuat proses pencernaan lebih lancar juga dapat meminimalisir penyerangan berbagai penyakit maupun bakteri ataupun virus yang akan masuk ke dalam tubuh. Juga beberapa penelitian menunjukkan dengan sarapan yang teratur mampu memperpanjang umur.

5. Mengurangi kadar LDL

Melewatkan sarapan akan menyebabkan meningkatnya LDL (kolesterol jahat). Jadi baiknya lawan kolestrol jahat dengan sarapan yang bergizi dan tertaur agar tubuh mampu meningkatkan kerja untuk melawan berbagai bentuk penyerangan imune pada tubuh.

Nah sudah pada tahu nih betapa pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan. Jadi jangan lupa lagi ya untuk sarapan di pagi hari dengan makanan bergizi agar aktivitas pada tetap teras menyenangkan untuk dijalani. (Equity World)