Equity World | Dolar Pertahankan Apresiasi, Kilau Logam Kuning Memudar

PT Equityworld

Equity World | Harga emas melemah, Senin, karena dolar mempertahankan kenaikan setelah data penggajian Amerika lebih baik dari perkiraan, sementara investor terus mencermati hubungan China-AS menjelang perundingan perdagangan yang dijadwalkan.

Harga emas di pasar spot turun 0,2% menjadi USD2.030,10 per ounce pada pukul 12.45 WIB, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin (10/8). Emas berjangka Amerika Serikat menguat 0,6% menjadi USD2.040,80 per ounce.
Pasar Jepang dan Singapura ditutup untuk hari libur nasional.

Emas mencapai rekor tertinggi USD2.072,50 pada sesi Jumat sebelum merosot hampir 2% karena dolar melambung di tengah data yang menunjukkan penggajian non-pertanian AS meningkat 1,763 juta pekerjaan pada Juli.
“Narasi dolar yang lebih kuat membebani keputusan investor, bersama dengan fakta bahwa orang akan lebih (rentan) untuk mengambil untung setelah kenaikan besar seperti itu,” kata Stephen Innes, Kepala Strategi Pasar AxiCorp.
“Koreksi sangat mungkin terjadi di sini. Itu sangat tergantung pada bagaimana pasar memandang dolar secara keseluruhan, dengan eskalasi perdagangan AS-China yang menguntungkan bagi dolar.”

Dolar menjadi aset  safe-haven  yang disukai di tengah gejolak ketegangan antara Washington dan Beijing. Pekan lalu, Presiden Donald Trump mengambil langkah untuk melarang dua aplikasi populer China.
“Ada ruang di sini bagi orang untuk melepas beberapa eksposur emas mereka,” kata analis DailyFx, Ilya Spivak, karena tampaknya Federal Reserve mulai “mengerem” stimulus yang agresif setelah data ekonomi yang lebih baik baru-baru ini.
Spekulan mengurangi posisi  bullish  mereka pada kontrak emas dan perak COMEX dalam pekan hingga 4 Agustus.
Tetapi daya tarik emas sebagai  safe-haven  didukung oleh ketidakpastian yang didorong pandemi Covid-19, dengan stimulus global yang meluas juga memicu kekhawatiran inflasi.

Di Amerika Serikat, yang menandai tonggak 5 juta kasus, Trump menandatangani perintah eksekutif, Sabtu, untuk memulihkan sebagian pembayaran tunjangan pengangguran yang ditingkatkan kepada jutaan warga Amerika.
Harga logam lainnya, perak turun 0,2% menjadi USD28,24 per ounce, sementara platinum melejit 1,2% menjadi USD972,93 per ounce, dan palladium stabil di posisi USD2.177,04.