Equity World Futures – Akibat Brexit, LG dan Samsung Hengkang dari Inggris

Equity World Futures – Jakarta, CNN Indonesia — Keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa setelah hasil perhitungan suara hasil Referendum Brexit mulai berdampak pada sejumlah produsen perangkat elektronik yang berinvestasi di negara tersebut.

Salah satu surat kabar asal Korea, The Korea Herald melaporkan bahwa Samsung sudah berancang-ancang untuk memindahkan kantornya yang berada di London ke suatu tempat di daratan Eropa.

Ada sejumlah alasan yang membuat Samsung melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah kemungkinan adanya penerapan tarif impor untuk barang yang masuk dari negara yang masih tergabung dalam Uni Eropa.

Alasan lainnya adalah melemahnya mata uang poundsterling. Ini akan membuat harga produk dan komponen elektronik akan semakin mahal.

Tak cuma Samsung, LG juga kabarnya akan melakukan hal yang sama agar bisnisnya tetap bisa bertahan di kawasan Eropa.

Keputusan ini cukup masuk akal mengingat basis produksi LG dan Samsung untuk pasar Eropa berada di Polandia.

Selain mempunyai pabrik di Polandia untuk memproduksi peralatan rumah tangga, ada satu pabrik lagi pabrik yang dimiliki Samsung di Slovakia untuk memproduksi TV.

Beberapa tahun terakhir, pangsa pasar Samsung dan LG di wilayah Eropa sendiri perlahan-lahan juga terus merosot.

Tahun 2013, pangsa pasar Samsung di wilayah Eropa mencapai 21,2 persen. Sementara tahun 2015 lalu turun menjadi 12,8 persen. Pada periode yang sama, pangsa pasar LG yang tadinya 11,2 persen, mengalami penurunan menjadi 10,3 persen. Equity World Futures