Equity World Futures – Kominfo Surati Google Minta Video ‘Lelaki Kardus’ Dihapus

Equity World Futures – Jakarta, CNN Indonesia — Video berjudul ‘Lelaki Kardus’ membuat heboh dunia maya. Sebab, dalam klip yang diunggah ke YouTube tersebut menampilkan anak perempuan yang menyanyikan lagu dangdut dengan lirik dewasa.

Sontak ini membuat miris, karena lagu dengan judul yang sama tersebut dianggap tak pantas dinyanyikan oleh anak seusianya, karena berisi soal perselingkuhan dan istri yang dimadu.

Dan ditelusuri CNNIndonesia.com, jumlah video ‘Lelaki Kardus’ cukup banyak bertebaran dengan rata-rata viewers mencapai 1.000 kali ditonton.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Pusat Informasi dah Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu mengatakan pencipta lagu tersebut, yakni Achmad Sawadi sudah dihubungi. Dengan kesadaran sendiri akan menurunkannya di YouTube

“Namun, karena sudah banyak yang meng-copy maka lagu tersebut masih ada di YouTube. Karena itu Kominfo akan mengirim surat ke YouTube untuk menghapus videonya,” ujar Cawidu, melalui keterangannya.

Sementara itu, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPA) mengimbau masyarakat untuk membangun persepsi bersama bahwa video tersebut sungguh-sungguh tidak ramah anak.

Karena, menampilkan anak-anak pada tayangan dan nyanyian bertema dewasa dapat disetarakan sebagai bentuk perlakuan salah terhadap anak. Bahkan apabila materi tersebut dibisniskan untuk tujuan komersial, maka patut diwaspadai bahwa ada unsur eksploitasi anak.

“LPA mengajak semua pihak untuk tidak menyebarluaskan video tersebut dan tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak, selama video tersebut masih ada di media daring,” ujar Reza Indragiri Amriel  Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia. Equity World Futures