Equity World Futures – Libur Lebaran Picu Lonjakan Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Equity World Futures – Jakarta, CNN Indonesia — Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) memperkirakan tingginya permintaan pengiriman paket selama musim Ramadan dan Lebaran 2016 akan terjadi pekan ini. Tidak hanya pengiriman dalam negeri, namun juga pengiriman ke luar negeri.

Wakil Ketua Asperindo Bidang Internasional Elvis Wendry memperkirakan bakal terjadi lonjakan pengiriman sekitar 20-30 persen pekan ini.

Pasalnya, seluruh perusahaan pengiriman bakal menghentikan sementara layanannya mulai Senin (4/7) pekan depan, karena cuti bersama.

Usai merayakan Idul Fitri pada 6-7 Juli 2016, diperkirakan perusahaan pengiriman baru akan beroperasi lagi pada 11 Juli mendatang.

“Jadi peningkatan volume pengiriman ini tidak berhubungan dengan peningkatan permintaan saat Lebaran. Akan tetapi, berkaitan langsung dengan liburan Lebaran,” kata Elvis, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (27/6).

Untuk memastikan barang sampai ke alamat tujuan tanpa harus terpotong masa cuti bersama, Elvis memperkirakan bakal banyak pengguna jasa pengiriman yang mengirimkan barang pekan ini.

“Kondisi tersebut berdampak pada tingginya volume pengiriman melalui perusahaan jasa pengiriman barang,” tegasnya.

Hong Kong

Elvis mencatat pengiriman barang ke luar negeri yang dilakukan perusahaan anggota Asosiasi paling banyak dilakukan ke Hong Kong. Jenis barang yang dikirimkan mayoritas furnitur dan garmen.

“Untuk pengiriman seluruhnya, dilakukan melalui udara. Jadi, untuk waktu yang dibutuhkan, lebih cepat dibandingkan pengiriman melalui laut,” katanya. Equity World Futures