Equity World | Gawat, 5 Kebiasaan Sehari-Hari ini Ternyata Bisa Memperpendek Hidupmu

pt equityworld

Equity World | Jodoh, rezeki dan usia seseorang memang ada di tangan Tuhan. Tapi apakah kamu tahu, bahwa kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari juga ternyata memiliki andil besar untuk hidupmu?

Semakin baik kebiasaan seseorang maka akan semakin baik juga hidupnya dan begitu juga sebaliknya. Jika kebiasaan sehari-hari saja sudah buruk, maka bisa dipastikan kemungkinan hidupmu juga akan berubah kacau bahkan bukan tidak mungkin bisa memperpendek hidupmu. Enggak percaya? Berikut ini lima kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa memperpendek hidupmu!

1. Ngemil tengah malam

Siapa di sini yang suka ngemil malam-malam? Selain bikin kamu jadi gendut, ngemil tengah malam juga akan membuat kamu memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes karena meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh. Trigliserida sendiri adalah lemak darah berbahaya yang menumpuk di jaringan lemak disekitar perut.

Daripada ngemil tengah malam akan lebih baik kalau kamu mulai mengatur pola makan kamu. Atau paling tidak makanlah 2 jam sebelum tidur. Misal kamu tidur jam 9 malam, maka kamu bisa makan malam jam 7 atau setengah 7 sehingga perut memiliki waktu paling tidak dua jam untuk mencerna apa yang kamu makan.

2. Begadang

Banyak orang bilang, terlalu banyak menyantap makanan manis bisa menyebabkan diabetes. Tapi tahukah kamu jika terlalu banyak menyantap makanan asin juga bisa merusak ginjal dan jantung? Menurut studi dari Journal of The American Medical Association, menemukan bahwa 45,4% kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung, dan stroke dikaitkan dengan konsumsi garam dalam jumlah berlebih.

4. Kurang bersih dalam mencuci tangan

Banyak orang malas cuci tangan sebelum makan atau asal-asalan saat mencuci tangan karena merasa tangannya tidak kotor. Padahal kita juga tahu bahwa kuman tidak selalu muncul saat tangan terlihat kotor. Dengan mencuci tangan sampai bersih membuat kita terbebas dari resiko terkena diare bahkan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

5. Menggigit kuku

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku biasanya dimulai sejak kecil dan berlanjut hingga dewasa. Meski kelihatannya sepele, nyatanya menggigit kuku sangat berbahaya bagi kesehatan.

Seperti yang kita tahu tangan, termasuk kuku merupakan bagian tubuh yang paling kotor. Dengan menggigit kuku akan membuat kuman dan kotoran yang ada ditangan pindah ke mulut dengan cepat dan menimbulkan berbagai masalah bahkan penyakit berbahaya.

Selain berhenti menggigit kuku, pastikan kamu juga memotong pendek kuku mungkin dan memastikan kuku selalu dalam keadaan bersih ya!

Meski kelihatannya sepele siapa sangka jika kebiasaan diatas ternyata berbahaya bagi tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Tidak ingin itu terjadi? Yok hentikan lima kebiasaan ini mulai sekarang! (Equity World)