Equity World | Harga Emas Meroket Hingga Catatkan Rekor Tertinggi

pt equityworld emas

Equity World | Harga emas PT Aneka Tambang (Antam) pada hari ini, Senin (26/8/2019) meroket tinggi hingaa catatkan rekor pada angka Rp 774.000/gram.

Nilai ini tentu mendulang dibandingkan pada 24 Agustus kemarin yang dipatok pada Rp 765.000/gram.

Bila dibandingkan dengan harga pada enam bulan sebelumnya, harga emas kali ini tentu menjadi yang tertinggi.

Sedangkan untuk harga beli, PT Antam mematok harga logam mulia ini mencapai Rp 700.000/gram atau naik selisih Rp 8.000/gram dari harga sebelumnya.

Sebagai informasi, harga emas tersebut telah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%, dan ada potongan pajak lebih rendah jika menggunakan NPWP sebesar 0,4% saat transaksi.

Harga Emas Melonjak, Emas Batangan Antam Pecahan 5 dan 10 Gram Diserbu Pembeli

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM, anggota indeks Kompas100) semakin melesat, seiring tingginya tensi sentimen eksternal terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China. Marketing Manager Antam, Yudi Hermansyah mengatakan, emas batangan Antam pecahan 5 gram dan 10 gram paling banyak diburu konsumen domestik.

Secara keseluruhan, lanjut Yudi, sepanjang pada bulan Juli 2019 saja penjualan emas batangan Antam sudah mencapai 3,4 ton. Jumlah ini lebih tinggi dari target penjualan Antam sebesar 2,5 ton per bulan.

Di bulan Agustus, Yudi berharap penjualan Antam bisa menembus 4 ton. “Meskipun hingga saat ini, penjualan bulan Agustus tercatat sebanyak 3,2 ton,” tutur Yudi kepada KONTAN, Senin (26/8).

Selain pasar domestik, Antam juga mengekspor emas batangannya. Untuk pasar ekspor, kata Yudi, pecahan yang dijual adalah produk seberat 1 kg.

Berikut harga jual emas batangan Antam per hari Senin, mengutip dari situs perusahaan BUMN tambang ini.

Harga Cetak Rekor, Emas Diakui Sri Mulyani Jadi Safe Haven

Perlahan tapi pasti, harga emas dunia merangkak naik. Tahun ini, harga emas sudah beberapa kali cetak rekor tertinggi.

Kenaikan harga emas di pasar internasional juga dibarengi dengan pasar dalam negeri. Kenaikan harga emas ini dipicu oleh memanasnya situasi geopolitik dunia yang menyenggol ekonomi berbagai negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui emas menjadi instrumen investasi yang aman saat situasi dunia sedang bergejolak seperti sekarang ini.

“Safe haven di komoditas emas, kenaikan harga terjad semenjak tahun ini,” ujar mantan direktur Bank Dunia itu saat jumpa pers APBN Kita di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dijual Rp 774.000/gram. Harga itu naik Rp 9.000 dari posisi di hari Sabtu (24/8) kemarin yang berada di Rp 765.000/gram.

Harga tersebut tercatat yang paling tinggi dalam enam bulan terakhir. Sementara harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini naik Rp 8.000 ke level Rp 700.000/gram. (Equity World)