Equity World | Harga Emas Naik Karena Perkiraan Pemangkasan Suku Bunga Oleh The Fed

pt equityworld emas

Equity World | Harga emas dan perak naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin. Kenaikan metal berharga ini karena perkiraan akan berita baik yang akan datang dari Federal Reserve pada minggu ini.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $7.50 per ons pada $1,427.90. Harga perak Comex bulan September terakhir naik $0.045 pada $16.485 per ons.

Dalam perdagangan sesi AS selanjutnya, harga emas tetap stabil, namun sempat jatuh dari ketinggian sesi dengan “consumer confidence” AS bulan Juli naik lebih kuat daripada yang diperkirakan.

Conference Board AS pada hari Selasa mengatakan bahwa Consumer Confidence Index naik ke angka 135.7, naik dari revisi bulan Juni sebesar 121.5 dan mengalahkan yang diperkirakan secara solid. Menurut perkiraan konsensus, para ekonomis memperkirakan angka disekitar 125.1.

Pasar emas mengalami sedikit tekanan jual sebagai reaksi terhadap data yang lebih baik daripada yang diperkirakan, namun harga emas masih berada di teritori yang positip.

Para analis komoditi mencatat bahwa pasar sedang fokus kepada keputusan kebijakan moneter dari Federal Reserve pada hari Rabu malam atau Kamis dinihari. Bank sentral AS ini diperkirakan akan memangkas tingkat bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2008.

Menurut Conference Board, angka bulan Juli adalah level yang tertinggi sepanjang tahun ini. Mereka mencatat bahwa kejatuhan pada bulan Juni disebabkan karena meningkatnya ketegangan perdagangan, yang mana sejak saat itu telah mereda.

Lynn Franco, direktur senior dari indikator ekonomi di Conference Board mengatakan,”Konsumen sekali lagi merasa optimis mengenai bisnis sekarang ini dan prospeknya dan kondisi pasar tenaga kerja. Sebagai tambahan, ekspektasi mereka mengenai outlook keuangan mereka juga membaik. Level kepercayaan yang tinggi ini harusnya terus mendukung belanja yang kuat di dalam jangka pendek meskipun pertumbuhan GDP yang melambat.”

Harga emas juga jatuh dari ketinggian harian setelah data perumahan AS menunjukkan bahwa lebih banyak konsumen daripada yang diperkirakan yang komitmen untuk membeli sebuah rumah pada bulan Juni, menurut the National Association of Realtors (NAR).

Pending Home Sales AS naik 2.8% pada bulan Juni, menandakan kenaikan bulanan kedua berturut-turut, kata asosiasi pada hari Selasa. Sementara konsensus memperkirakan kenaikan hanya 1.1%.

The Pending Home Sales index muncul di 108.3 pada bulan Juni, naik dari angka bulan Mei sebesar 105.4.

Kenaikan harga emas disebabkan karena ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh the Fed pada saat Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) mengadakan pertemuannya pada hari Kamis dinihari (WIB) untuk menentukan kebijakan moneternya.

The Fed diperkirakan akan menurunkan tingkat bunganya pada konklusi dari pertemuannya. Tren naik ari metal berharga akan sangat kecewa jika the Fed tidak memangkas tingkat suku bunganya. Kebanyakan pemerhati pasar berpikir akan pengurangan tingkat bunga sebanyak 0.25%, namun metal akan mendapatkan dorongan yang lebih besar jika the Fed menurunkan suku bunganya sebesar 0.5% yang lebih kecil kemungkinannya.

Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah naiknya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan disekitar $57.50 per barel. Indeks dolar AS naik sedikit dan pada hari kemarin menyentuh ketinggian yang baru untuk tahun ini semalam.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,454.40 setelah lebih dahulu melewati $1,434.10 dan kemudian $1,442.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,420.00 dan kemudian $1,411.10. (Equity World)