Equity World | Harga Emas Stabil Menanti Rilis Risalah The Fed

pt equityworld

Equity World | Harga emas stabil pada hari Senin (Selasa pagi WIB) usai naik tipis dari level terendah lebih dari dua minggu di awal sesi, di tengah jatuhnya pasar saham menjelang rilis risalah Bank Sentral AS atau The Fed dari pertemuan terakhirnya.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/5/2019), harga emas di pasar spot tidak berubah di level USD 1.276,94 per ounce, setelah menyentuh level terendah sejak 3 Mei 2019 di USD 1.273,22 per ounce pada awal sesi. Harga emas berjangka AS naik tipis 0,1 persen menjadi USD 1.277,3  per ounce.

Investor mengalihkan fokus ke risalah The Fed pada hari Rabu, yang diharapkan untuk memberikan petunjuk lebih lanjut dari hasil pertemuan bank sentral 1 Mei, di mana para pembuat kebijakan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga stabil dan mengisyaratkan peluang untuk menyesuaikan suku bunga dalam waktu dekat. Harga emas bakal terangkat jika suku bunga acuan turun.

Pasar saham global terpukul karena kekhawatiran yang meningkat tentang dampak meningkatnya tindakan keras AS terhadap Huawei Technologies Co Ltd China, yang mengintensifkan perang dagang yang berkepanjangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Dolar AS membatasi daya tarik emas batangan karena indeks dolar bertahan di dekat level tertinggi dua minggu. Pekan lalu indeks mencatat kenaikan mingguan terbesar sejak awal Maret, didukung oleh data perumahan AS yang kuat dan laporan yang menunjuk pada pengangguran yang lebih rendah.

Iran mendapat peringatan baru dari Presiden AS Donald Trump. Melalui akun Twitternya pada hari Minggu, Presiden AS Donald Trump mengancam akan membuat riwayat Teheran secara resmi berakhir atau tamat jika Iran nekat ingin berperang dengan AS.

Di antara logam lainnya, harga perak naik 0,4 persen menjadi USD 14,45 per ounce, setelah menyentuh level terendah lebih dari lima bulan pada USD 14,33. Platinum stabil di USD 813,75 per ounce, sementara paladium naik 2,1 persen menjadi USD 1,337.51.

Equity World | Emas Berjangka Melonjak Didukung Anjloknya Pasar Saham dan Dolar AS

Equity World | Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup sedikit lebih tinggi pada Senin (20/5/2019) karena ekuitas dan dolar Amerika Serikat (AS) melemah.

Mengutip Xinhua, Selasa (21/5/2019) kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni naik 1,6 dolar AS, atau 0,13 persen, menjadi 1.277,30 dolar AS per ounce.

Sebelum perdagangan emas berakhir, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,23 persen menjadi 25.705,51 poin. Sementara itu, S&P 500 dan Nasdaq juga mengikuti kejatuhan Dow.

Ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari aset yang lebih aman. Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap enam mata uang utama, turun sedikit ke 97,94, memberikan dukungan tambahan ke logam mulia.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 5,7 sen, atau 0,4 persen menjadi 14,445 dolar AS per ounce.

Platinum untuk pengiriman Juli turun 6,10 dolar AS, atau 0,74 persen, menjadi 814,20 dolar AS per ounce. (Equity World)