Equity World | Hati-hati! 10 Makanan Ini Bisa Mengubah Warna Gigi Jadi Kuning Lho!

pt equityworld

Equity World | Gigi merupakan bagian tubuh manusia yang ikut berperan dalam kepercayaan diri. Pasalnya warna gigi yang tidak putih bisa membuat kita minder hingga gak percaya diri, meskipun beberapa orang memiliki tipe gigi dengan warna kuning karena keturunan.

Untuk mencegah berubahnya warna gigi kalian, coba hindari konsumsi makanan di bawah ini deh. Sebab ternyata secara kamu gak sadari makanan tersebut bisa membuat gigimu jadi kuning!

1. Kari

Masakan khas asal India ini diolah menggunakan santan dan berbagai bumbu rempah mirip masakan gulai di Indonesia. Kari ternyata mampu membuat warna kuning pada gigi karena warna kuning yang kuat bisa menyisakan warna yang menempel.

2. Saus tomat

Saus tomat memiliki warna yang cerah dan sifat asam yang bisa merusak email gigi. Selain itu gigi juga bisa berubah jadi kekuningan jika mengkonsumsi saus tomat terlalu sering. Untuk mencegahnya kamu bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan sayur, yang dapat membersihkan noda pada gigi.

3. Buah Beet

Lagi lagi karena pigmentasi warnanya yang begitu tajam, buah beet juga berpotensi mengubah warna gigi menjadi kuning. Meskipun begitu kamu masih tetap bisa menikmati nutrisi dan limpahan vitamin di dalamnya dengan catatan, setelah memakan buah bit dianjurkan untuk segera menggosok gigi dengan benar.

4. Kecap asin

Jadi salah satu pelengkap yang gak boleh ketinggalan saat makan sushi, siapa sangka jika kecap asin juga termasuk ke dalam daftar ini. Kecap asin memiliki warna yang pekat dan itu tentu saja bisa menodai warna gigi dalam waktu yang lama.

5. Es krim stik

Kepekatan warna sebuah makanan sangat berpengaruh pada tingkat keputihan gigi kita. Mengkonsumsi olahan buah berupa es krim stik atau yang lebih dikenal dengan popsicles pun dapat membahayakan warna gigi lho.

6. Bluberi

Semua buah-buahan memiliki warna yang cukup tajam, namun kelompok buah beri adalah yang terpekat. Mereka memiliki warna yang sangat berpotensi meninggalkan noda dan membuat warna gigi putih berubah menjadi kuning.

7. Anggur merah

Kandungan tannin yang ada di dalam teh menjadi penyebab utama, mengapa minuman yang menenangkan ini sedikit bermasalah. Semakin pekat warna teh yang kita minum maka semakin besar juga perubahan warna yang akan di alami.

8. Soda

Tidak hanya minuman bewarna pekat tapi sesuatu yang berkarbonasi pun bisa membuat noda kuning di gigi. Banyaknya gula dan asam yang terkandung dalam soda juga bisa merusak email gigi.

9. Air lemon

Air lemon bagus untuk kesehatan terutama detoksifikasi tubuh. Sayangnya disisi lain air lemon memiliki jaringan kuning di bawah permukaan kulitnya, yang dapat menimbulkan noda dan warna kuning di gigi.

10. Kopi

Yang terakhir tentunya adalah kopi, terlalu sering mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan gigi keropos. Itu mengartikan cairan kopi masuk ke dalam lapisan gigi dan meninggalkan noda kuning yang permanen. Untuk mencegahnya kamu bisa mencampurkan susu ke dalam kopi agar memberi kalsium dan juga warna cerah di gigi.

Demi menjaga kesehatan gigi ada baiknya kamu menghindari mengkonsumsi makanan di atas secara berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang gak baik ya guys. (Equity World)