Equity World | Hati-hati, 5 Obat Rumahan Ini Sebenarnya Justru Berbahaya untukmu

pt equityworld

Equity World | Pengobatan rumahan telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Semua orang tentu suka untuk menemukan cara menghindari kunjungan ke dokter sebisa mungkin.

Padahal sebenarnya, tidak semua info mengenai pengobatan yang bisa kamu lakukan di rumah itu berfungsi. Bahkan ada yang sebenarnya berbahaya lho. Cek deh 5 di antaranya, di bawah ini!

1. Pakai mentega atau minyak untuk luka bakar

Memberi mentega atau minyak pada luka bakar sebenarnya lebih berbahaya daripada memberi manfaat. Saat kamu mendapat luka bakar, kerusakan pada kulitmu tetap berlangsung untuk sementara waktu sampai kulit mendingin.

Karena itu lebih baik kamu menempatkan area yang terluka di bawah air dingin. Menggunakan mentega atau minyak sebenarnya akan memperlambat proses pendinginan.

2. Odol untuk jerawat

Sebenarnya ini agak masuk akal karena soda kue dalam pasta gigi bisa mengeringkan jerawat. Tetapi masalahnya adalah pada bahan pasta gigi lainnya, yang bisa menyebabkan iritasi serius pada kulitmu, terutama kalau jerawatnya berada pada daerah sekitar bibirmu.

Bahan pasta gigi yang umum adalah alkohol, mentol, dan hidrogen peroksida. Semua itu ternyata lebih bisa mengiritasi kulit daripada menyembuhkannya.

3. Berkumur dengan obat kumur untuk mengobati sakit tenggorokan

Berkumur dengan obat kumur sebagai pengobatan untuk sakit tenggorokan dan pilek sebenarnya tidaklah efektif. Dokter sering mengatakan bahwa hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendapatkan banyak istirahat.

Saat kamu sakit tenggorokan, dan juga radang, obat kumur sembarangan akan lebih mengiritasi. Lebih baik kamu mnum banyak air hangat dan dan juga banyak istirahat. Kalau kamu memang masih mau menggunakan obat kumur, belilah obat kumur di apotik yang memang dibuat untuk menyembuhkan radang.

4. Memotong kutil

Beberapa orang menggunakan gunting, pisau, atau alat tajam lainnya untuk memotong kutil mereka. Kamu sebenarnya tidak boleh melakukan itu karena ini adalah cara yang sangat mudah untuk mendapatkan infeksi.

Ada banyak pengobatan rumah yang aman untuk kutil yang efektif juga, tetapi memotong kutil adalah cara yang sangat berbahaya. Di apotek tersedia kok obat untuk kutil yang bisa membuatnya kempes dengan cepat.

5. Candling untuk menghilangkan kotoran telinga

Anjuran candling untuk membersihkan kotoran telinga telah menjadi viral akhir-akhir ini. Namun, ternyata telah dilaporkan bahwa sejumlah orang harus mencari pengobatan untuk gendang telinga dan saluran telinga mereka yang rusak saat mencoba candling sendiri di rumah.

Kalau kamu ingin membersihkan kotoran telingamu dengan cara ini, lebih baik kamu pergi ke tempat-tempat yang menyediakan jasa candling profesional ya. Jangan dilakukan sendiri di rumah kecuali kalau kamu sudah ahli melakukannya atau lebih baik membersihkan kotoran telinga dengan korek kuping saja.

Sekarang sudah tahu kan yang mana saja yang sebenarnya berbahaya? Sekarang mulai hati-hati ya saat membaca artikel di internet tentang pengobatan di rumah. Tidak semuanya aman kamu lakukan sendiri lho. (Equity World)