Equity World | Hati-hati!!! Penyakit Serius yang Sering Diderita Pegawai Kantoran

PT Equityworld
Equity World | Batuk dan pilek saja tak ada apa-apanya. Kalau Anda termasuk workaholic dan bekerja lebih dari 8-9 jam sehari, hati-hati. Kelelahan fisik bisa membuat kerja organ tubuh Anda terganggu, dan kelelahan mental akan membuat Anda mudah mengalami stres, yang kemudian menurunkan kekebalan tubuh. Akibatnya, penyakit yang bisa menyerang bukan lagi sekadar batuk dan pilek, tapi jauh lebih serius.

Berikut ini penyakit serius yang sering diderita pekerja kantoran, yang harus Anda waspadai.

1. Tifus
Penyakit ini memang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang biasanya datang dari makanan dan minuman yang tidak bersih. Tapi menurut data perusahaan asuransi, sebagian besar klaim perawatan rumah sakit yang mereka bayarkan untuk karyawan di kantor adalah untuk penyakit tifus. Sepertinya kesibukan bekerja membuat banyak karyawan tak memperhatikan makanan dan kurang berhati-hati memilih makan siang serta camilan.

Jika daya tahan tubuh tinggi, sistem imun Anda bisa mengusir bakteri penyebab penyakit. Namun kebanyakan bekerja, stress, dan kecapekan, akan membuat daya tahan tubuh menurun, dan satu suap saja makanan yang mengandung bakteri bisa membuat Anda terbaring di rumah sakit selama satu minggu.

2. Spondilitis

Mungkin namanya cukup asing bagi Anda, tapi penyakit ini adalah sejenis sakit punggung nonspesifik, yang jauh lebih serius dibanding penyakit punggung biasa dan sangat sulit disembuhkan.

Bagi Anda yang sering bekerja di belakang meja atau di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat cukup, peluang menderita penyakit ini bisa makin besar

Jika tulang belakang Anda terlalu banyak mendapat tekana, ia akan membengkak dan berisiko besar menderita spondilitis serviks. Penyakit ini bisa membuat penderitanya tidak mampu bergerak bebas dan hanya terbaring di tempat tidur.

3. Wasir

Penyakit ini bisa disebabkan terlalu banyak duduk atau berdiri, kurang minum dan serat, serta mengangkat beban terlalu berat. Ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar anus dan akan membuat penderitanya mengeluarkan darah ketika buang air besar dan setelahnya akan membuat tidak nyaman ketika duduk.

4. Mengganggu kesuburan

Banyak pekerja pria melakukan kerja lembur untuk menambah penghasilan. Padahal jika itu sering dilakukan akan menggangu gangguan kesuburan, seperti memicu terjadinya disfungsi ereksi, penurunan jumlah sperma dan gairah seksual hingga kemandulan.

Nah, jika selama ini kamu sering lembur dan belum juga mendapat keturunan, mungkin salah satu penyebabnya karena Anda memang kurang istirahat atau tidur. Karena itu, coba rilekskan tubuh Anda, dengan berhenti kerja lembur sementara waktu untuk program memiliki anak.

5. Insomnia

Masalah lainnya yang diakibatkan dari kerja lembur adalah insomnia. Biasanya penyakit ini dipicu karena paksaan dari dalam diri untuk tetap terjaga demi bisa menyelesaikan tugas sebelum batas waktu berakhir.

Untuk membuat terjaga dan melawan rasa kantuk, kemungkinan Anda akan lebih sering minum kopi atau merokok. Konsumsi kopi dan rokok yang terlalu sering dan tidak di waktu yang tepat akan merusak pola istirahat, dan menimbulkan berbagai penyakit lain dalam tubuh.

Jika pekerjaan Anda memang menuntut untuk berada di kantor cukup lama, dengan tingkat stress yang cukup tinggi, jangan sampai Anda melupakan kondisi diri sendiri. Jangan abaikan gejala fisik tak biasa yang Anda rasakan. Hindari pemicu stres, banyak minum, makan makanan yang sehat, rajin berolah raga, dan jangan lupa sempatkan istirahat fisik dan pikiran. (Equity World)

Save