Equity World | Ini 7 Fakta Hidung Mampet yang Kemungkinan Besar Belum Kamu Ketahui

pt equityworld

Equity World | Hidung tersumbat alias mampet menjadi hal yang kadang menyebalkan. Uniknya, hidung mampet hanya sebelah saja. Sebenarnya, hidung mampet itu biasa lho. Bahkan, saat kamu sehat sekalipun. Berikut fakta-fakta uniknya.

1. Ternyata, hidung mampet sebelah wajar terjadi setiap 4-6 jam di salah satu sisi hidung

Dilansir dari Cleveland Clinic, hidung mampet di salah satu sisi akan terjadi setiap 4-6 jam. Namun, setelahnya hidungmu akan kembali seperti sedia kala dan kamu bisa bernapas lega.

2. Hidung tersumbat gak selalu karena pilek, flu, alergi dan infeksi sinus

Mungkin kamu mengira kalau hidung tersumbat disebabkan oleh tumpukan lendir di saluran hidung. Biasanya akibat peradangan pembuluh darah sinus akibat pilek, flu, alergi dan infeksi sinus. Namun, hidung mampet bisa terjadi karena hal sepele lho.

3. Hidung mampet bisa terjadi karena suka tidur miring

Coba ingat-ingat lagi. Posisi tidurmu setiap malam seperti apa? Adapun, tidur dengan posisi miring rentan membuat hidungmu mampet sebelah.

Itu karena posisi tidur miring meningkatkan aliran darah di salah satu lubang hidung meningkat sehingga membengkak. Akibatnya, kamu akan merasakan hidung mampet selama 4-6 jam sebelum akhirnya aliran darah berpindah ke sisi lainnya.

4. Septum nasal yang miring atau bengkok

Septum nasal adalah dinding yang membatasi dua rongga hidung. Namun, jika septum nasal ini gak berada di tengah akibat bergeser, hal ini membuat salah satu saluran hidung menjadi mengecil. Itu sebabnya kamu akan merasakan aliran udara di salah satu lubang hidung terasa tersumbat, sementara di lubang lain terasa lancar-lancar saja.

5. Daging tumbuh atau polip di dalam hidung

Biasanya, orang yang memiliki polip di dalam hidung gak merasakannya. Itu karena ukurannya yang masih kecil. Namun, bila polip ini membesar, kamu akan merasa hidungmu seperti mampet sebelah.

6. Ada benda asing dalam hidung

Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak saat mereka main atau makan. Secara gak sengaja, mungkin mereka memasukkan benda-benda kecil, seperti kacang, potongan krayon, atau benda-benda kecil lainnya. Itu sebabnya mereka akan merasakah hidung yang mampet sebelah. Jika gak ketahuan, ini bisa semakin buruk dengan adanya iritasi dan infeksi, bahkan pendarahan.

7. Kotoran hidung yang menumpuk

Kotoran hidung yang menumpuk atau biasa disebut upil perlu rajin dibersihkan, minimal sehari sekali. Kalau tidak, kamu akan merasakan hidungmu mampet.

Kamu bisa saja mengupil, namun jika berlebihan bisa membuatmu iritasi. Itu sebabnya, kamu perlu mempertimbangkan untuk mencucinya dengan semprotan saline yang bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat.

Itu tadi fakta penyebab hidung mampet yang mungkin kamu tahu. Bahkan, saat sehat sekalipun, hidungmu bisa mampet. Kamu gak perlu buru-buru panik ya! (Equity World)