Equity World | Ini Lho 5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapat Jika Rajin Olahraga Pagi

Equity World | Mungkin diantara kamu sampai saat ini masih ada saja yang malas banget untuk bangun pagi. Apalagi untuk olahrga,karena mungkin beberapa dari kamu memang sudah terlanjur cinta dengan kebiasaan tersebut. Jangakan untuk olahraga pagi, bahkan untuk beranjak dari kasur mu pun sangat susah. Ditambah lagi udara dingin yang membuat kita jadi semakin malas untuk bangun dan lebih memilih untuk melanjutkan tidur mu. Sepertinya mulai sekarang kamu harus mencoba untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Mulailah untuk membangun kebiasaan bangun pagi dan berolahraga. Karena ternyata dibalik kebiasan berolahraga pagi tersebut banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa kamu dapatkan yang mungkin belum pernah kamu tahu.

Bahkan, ternyata olahraga pagi sangat bagus untuk menhindarkan dirimu dari ancaman stress akibat tekanan kehidupan yang cukup berat. Kira-kira apa aja ya manfaat dari olahraga pagi tersebut?. Berikut ini 5 manfaat luar biasa yang akan kamu dapatkan jika mulai rutin untuk berolahraga pagi.

1. Olahraga pagi terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otakmu.

Manfaat olahraga pagi paling utama adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Berdasarkan penelitina yang dilakukan oleh Fukushi University di Handa, Jepang mengungkapkan bahwa ternyata dengan rutin berolahraga pagi mampu mempengaruhi kecerdasan otak kita. Penelitina tersebut menjelaskan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga pagi tebukti memiliki intelektualitas yang cukup tinggi.

Penelitian ini dilakukan selama kurang kurang lebih 4 bulan lamanya. Mereka mencoba meneliti 7 orang yang masih cukup muda dan sehat, kemudian 7 orang tersebut diminta untuk berlari selama 30 menit dan dilakukan selama 3 kali dalam seminggu, olahraga tersebut dilakukan hingga minggu ke-12 atau sekitar 4 bulan. Namun sebelum melakukan kegiatan tersbut mereka diminta untuk mengikuti serangkaian tes berbasis komputer. Ternyata hasilnya cukup mengejutkan peningkatan yang signifikan pada nilai yang menunjukan tingkat kognitif dari 7 orang tersebut. Bahkan penelitina tersebut juga mengungkapkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan memory otak. Cukup mengherankan bukan, tapi itulah kenyataanya jika kamu rutin berolahraga pagi.

2. Olahraga pagi dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan rutin berolahraga pagi maka kita bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang tentu banyak mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang di dapat dari sinar matahari di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal penyakit. Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi adalah dibwah pukul 9 pagi.

3. Olahraga pagi dapat menghilangkan rasa sakit kepala.

Apakan kamu termasuk yang sering mengalami sakit kepala atau sering mengalami pusing? Jika iya tidak ada salahnya untuk memulai melakukan kebiasaan olahraga pagi. karena ternyata dengan kamu rutin berolahraga pagi, hali itu bisa membantu mu untuk menghilangkan  timbulnya rasa sakit kepala atau pusing.

4. Mencegah penyakit Alzheimer.

Ternyata sebuah studi penelitian di University of South Carolina yang berhasil menemukan fakta bahwa dengan latihan treadmill dan jogging di pagi hari mampu meningkatkan kekuatan otak kita dan membuat otak menjadi lebih tahan terhadap kelelahan, yang akibatnya membuat kita terhindar dari penyakin Alzheimer.

5. Olahrag pagi dapat menyehatkan jantungmu.

Dengan berolahrga pagi dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan meningkatnya hormon adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung. Namung jika kamu adalah orang yang memiliki penyakit jantung, sangat penting bagi mu untuk mendiskusikannnya dengan dokter terkait olahrga pagi, karena penelitian menunjukan bahwa aktivitas jantung yang berdetak kencang dapat menimbulkan nyeri di dada. (Equity World)

Save