Equity World | Inilah yang terjadi saat kamu nggak tidur selama seminggu, ngeri!

pt equityworld

Equity World | Setiap orang pasti butuh tidur. Menurut penelitian, aktivitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan badan. Seseorang yang tidurnya cukup maka ia cenderung terhindar dari risiko-risko penyakit degenaratif, seperti diabetes, jantung ataupun lainnya. Selain itu, tidur yang berkualitas juga membuat kerja otak lebih optimal.

Sebaliknya, untuk seseorang yang sering begadang atau dengan kata lain ‘kurang tidur’, biasanya daya tahan tubuhnya lemah. Ia cenderung mudah sakit, stres, bahkan berisiko mengalami obesitas.

Nah, kali ini kita akan membagikan fakta-fakta tentang efek yang terjadi bila Anda tidak tidur selama 7 hari atau lebih. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari brilio.net. Simak yuk!

1. 6 Jam Pertama Setelah Begadang

Setelah dipaksa untuk terjaga semalaman tanpa tidur, tubuh Anda mulai memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Hormon ini bila kadarnya terlalu tinggi maka akan membuat Anda mudah tersinggung, stres, cemas, bingung, dan perasaan lain yang melibatkan otak.

2. 12 Jam Setelah Begadang

Mencapai waktu 12 jam setelah Anda tidak tidur malam, daya kerja otak yang mempengaruhi mental akan menurun. Anda akan kesulitan untuk mengambil keputusan. Bahkan sedikit tak fokus dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

3. 1 Hari Setelah Begadang

Alih-alih merasa lelah, tubuh Anda justru terasa lebih berenergi. Anda akan terlihat sangat produktif dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian. Bahkan fungsi panca indera pun juga semakin optimal. Ya, itu semua dikarenakan otak Anda mencoba mengimbangi kekurangan tidur dengan cara meningkatkan produksi hormon dopamin.

Kondisi tersebut memang terdengar cukup baik. Tapi jika Anda terus terjaga hingga melebihi 24 jam, maka bersiaplah menghadapi konsekuensi yang buruk.

4. 2 Hari Setelah Begadang

Di titik ini, setelah 2 hari Anda tidak tidur malam, kinerja syaraf otak akan terus berkurang. Sehingga akibatnya ingatan Anda mulai melemah. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga menurun yang berimbas pada terganggunya proses metabolisme dan menyebabkan kelelahan yang amat berat.

5. 3 Hari Setelah Begadang

Hal-hal mengerikan akan terjadi ketika Anda tidak tidur malam selama 3 hari. Ketidakstabilan produksi hormon dan zat-zat kimia dalam tubuh memicu reaksi pada otak dan menyebabkan terjadinya halusinasi.

Anda mungkin akan mendengar dan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak nyata atau hanya sebatas khayalan. Bahkan Anda juga berisiko mengalami kehilangan memori sesaat.

6. 4-7 Hari Setelah Begadang

Hampir tidak ada orang yang sanggup yang tak tidur malam selama lebih dari 4 hari. Satu-satunya pemberitaan yang menghebohkan adalah yang dilakukan oleh Randy Gardner, seorang siswa berusia 17 tahun asal San Diego. Dia melakukan percobaan untuk proyek ilmiah di tahun 1964, dimana dia berhasil terjaga selama 264 hari berturut-turut atau setara 11 hari.

Lalu apakah itu berarti begadang selama seminggu tak masalah? Eits jangan salah. Anda mungkin bisa bertahan, tapi tidak dengan organ-organ tubuh. Efek yang akan terjadi, Anda akan sering mengalami microsleep (tidur singkat 1-2 menit). Dan yang lebih bahaya, menurut beberapa penelitian, tidak tidur malam melebihi 3 hari dapat meningkatkan risiko hipertensi, gangguan jantung, dan stroke. Selain itu, pengelihatan dan pendengaran juga menurun.

Nah, bagaimana apakah Anda tetap bertahan dengan kebiasaan begadang? Lebih baik jangan ya! Karena bila Anda sakit maka biaya pengobatan juga mahal. Yuk, terapkah hidup sehat mulai sekarang dengan tidur malam yang cukup! (Equity World)