Equity World | Jika Dikonsumsi Bersamaan, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bahaya Buat Pencernaanmu!

pt equityworld

Equity World | Pada dasarnya semua buah-buahan, sayur-mayur, dan beberapa jenis olahan seafood itu baik untuk pemenuh kebutuhan gizi tubuh. Sebab, kandungan yang terdapat pada beberapa jenis makanan tersebut memiliki nilai gizi yang sangat membantu memberikan energi bagi tubuh manusia.

Namun perlu diketahui, tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi secara bersamaan. Meskipun pada dasarnya jenis makanan tersebut baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi bersamaan, nyatanya bisa mengakibatkan pencernaan tidak baik dan kerusakan organ tubuh yang mematikan. Inilah kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan.

1. Minum teh dan kopi setelah makan

Hindari minum teh atau kopi setelah makan. Teh dan kopi dapat mencegah penyerapan makanan Anda dengan mengganggu asam lambung. Ini akan menunda proses pencernaan dan juga memperburuk banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan.

2. Makanan asam dan karbohidrat

Hindari makan makanan asam seperti tomat, lemon bersamaan dengan makanan bertepung yang biasanya mengandung alkali. Makanan asam dikombinasi dengan makanan yang bersifat alkali dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Anda harus menghindari makan tomat dengan karbohidrat dan protein dengan pati. Makanan ini akan memfermentasi di perut dan membentuk lumpur yang sulit untuk dicerna.

3. Daging merah dan makanan bertepung

Hindari makan daging merah dengan makanan bertepung seperti nasi, kentang, dan lainnya. Mereka sulit untuk dicerna bersamaan. Sebaiknya, makan daging merah, ayam dan daging putih dengan biji-bijian, bukan makanan bertepung.

4. Daging dan keju

Keduanya kaya akan protein. Jika Anda mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, produksi protein dalam tubuh dapat meningkat dan dapat meningkatkan produksi protein pada hati. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk makan daging dan keju bersama-sama pada waktu yang sama.

5. Makanan berlemak dan protein

Hindari makan mentega, minyak dengan telur, keju, daging dan juga hindari lemak makanan dengan roti putih. Mencerna lemak membutuhkan jus empedu (garam empedu), yang disekresikan dari hati dan kandung empedu. Jika Anda makan makanan berlemak dengan protein dan makanan yang salah lainnya, ini akan memblokir sekresi jus empedu yang menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

6. Minum air sebelum dan setelah makan

Anda harus menghindari minum air atau jus di antara waktu makan dan setelah makan. Hal ini dapat menghambat pencernaan makanan dan menyebabkan kembung dan gas yang akan dibentuk. Air mengganggu perut yang mencerna zat makanan. Minumlah air 5 menit sebelum makan dan 15 menit setelah makan Anda. (Equity World)

Save