Equity World | Kamu yang Pakai Headphone Setiap Hari Wajib Baca Ini Demi Keselamatan Hidupmu

Equity World | Teknologi berkembang dari hari ke hari, membuat kita terjebak dalam kenyamanan yang menyembunyikan dampak buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah headphone dan earphone. Kedua benda ini sangat umum digunakan khususnya oleh kaum muda dan menjadi hal yang wajar dipakai setiap jam, setiap hari. Namun, ternyata headphone dan earphone menyimpan ‘rahasia’ yang membuatmu berpikir ulang untuk memakainya setiap hari. Dikutip dari idntimes.com

1. Headphone dan earphone memicu kehilangan pendengaran.

Saat kita menggunakan headphone dan earphone, suara akan dihantarkan langsung ke telinga. Volume suara 90 desibel dapat menyebabkan komplikasi pendengaran, bahkan menyebabkan tuli. Istirahatkan telingamu sejenak setiap 15 menit dan hindari mendengarkan musik dengan suara kencang.

2. Headphone dan earphone menyebabkan infeksi telinga.

Apakah headphone dan earphone milikmu dipakai sendiri atau dengan orang lain? Meskipun kamu memakainya bersama dengan keluarga, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Bakteri dari telinga masing-masing orang berbeda dan akan dengan mudah berpindah ke orang lain melalui headphone dan earphone. Pastikan kamu membersihkannya sebelum dan sesudah memakainya dan yang terpenting, jangan memakainya bersama dengan orang lain ya.

3. Headphone dan earphone yang kedap udara itu berbahaya.

Saat ini, headphone dan earphone diciptakan dengan bentuk tertentu untuk menghasilkan audio yang jernih dan enak didengarkan. Tetapi, bentuk headphone dan earphone yang langsung menyumbat lubang telinga mengakibatkan tidak adanya aliran udara. Ya, musik mungkin akan terdengar lebih enak tetapi tanpa adanya aliran udara, namun kamu akan berisiko terkena infeksi telinga akibat penumpukan ear wax.

4. Headphone dan earphone menurunkan kualitas pendengaran.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa headphone dan earphone yang digunakan sepanjang hari dengan volume kencang, dapat menurunkan kualitas pendengarkan. Memang, perlu waktu yang sangat lama untuk ‘mengantarkan’ pendengaran kita pada kondisi ketulian, tetapi lebih baik dihindari bukan?

5. Headphone dan earphone berefek buruk untuk otak.

Gelombang elektromagnetik yang diproduksi headphone dan earphone dapat menyebabkan bahaya serius pada otak. Meski belum ada penelitian medis yang spesifik menyebutkannya, namun para dokter yang menangani pasien-pasien pengguna bluetooth headset, headphone dan earphone, menemukan gejala masalah otak yang sama.

6. Headphone dan earphone menjadi pemicu kecelakaan.

Saking asyiknya mendengarkan musik sambil naik motor atau sepeda, seringkali kita gak menyadari kondisi di sekitar. Angka kematian akibat tidak konsentrasi saat memakai headphone dan earphone pun seolah menjadi pengingat kita untuk meletakkan sejenak dan lebih memperhatikan kondisi di jalan.

Teknologi dan gadget memang membuat hidup menjadi lebih mudah. Tetapi tetaplah bijak menggunakannya dalam batas-batas tertentu ya. (Equity World)