Equity World | Kenali 5 Penyebab Timbulnya Varises, Penyakit yang Merusak Penampilan

Equity World | Pernah lihat urat-urat menyembul di kaki seseorang, gak? Penyembulan urat-urat di kaki dinamakan varises. Penyakit ini timbul karena dinding pembuluh vena mengalami tekanan tinggi. Akibatnya, terjadi peregangan pada dinding vena yang menyebabkan katup di dalamnya melemah secara perlahan.

Ketika katup melemah, proses mengalirnya darah ke jantung menjadi terganggu sehingga darah akan mengendap di pembuluh vena. Endapan yang sudah terlalu banyak menyebabkan pembuluh vena membengkak, hingga terjadilah varises.

Sama seperti penyakit lain, terjadinya varises juga tidak luput dari berbagai faktor. Daripada penasaran, berikut faktor-faktor penyebab varises yang harus kamu kenali.
1. Faktor genetik

Penyebab utama timbulnya varises yaitu karena faktor genetik atau keturunan. Apabila salah satu anggota keluargamu memiliki riwayat penyakit varises, kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalami hal yang sama saat beranjak dewasa nanti. Jadi, harus lebih waspada, ya!
2. Malas bergerak

Gak hanya mengurangi produktivitas kerja, sikap malas juga memicu terjadinya varises. Ketika tubuh kurang bergerak, proses pemompaan darah ke jantung menjadi kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena otot-otot yang ada di sekitar pembuluh vena tidak mampu menjalankan perannya secara maksimal di dalam tubuh.

3. Menderita obesitas

Apabila bobot tubuh semakin berat, maka tekanan di sekitar pembuluh vena juga semakin besar, yang dapat menyebabkan katup vena melemah. Darah yang tadinya harus dialirkan ke jantung perlahan akan berbalik arah, sehingga memicu terjadinya endapan di pemuluh vena. Gak heran kalau orang yang memiliki bobot tubuh berat rentan terhadap varises.

4. Kebiasaan memakai high heels

Gak bisa dipungkiri, pemakaian high heels membuat wanita lebih cantik, elegan, dan percaya diri saat melangkah. Tapi, kamu tetap harus hati-hati. Pasalnya, terlalu sering memakai high heels dapat menimbulkan varises. Karena saat high heels dipakai, kinerja pembuluh darah menjadi berkurang dan menyebabkan otot-otot kaki menegang. Bagi yang suka memakai high heels, sebaiknya pijat kaki selama 5-10 menit sesudah pemakaian agar otot kaki tidak tegang.

5. Bertambahnya usia

Varises biasanya menyerang orang-orang yang sudah berumur. Penyebabnya tak lain karena katup vena orang yang sudah berumur jauh lebih lemah, sehingga proses mengalirnya darah ke jantung menjadi kurang maksimal.

Sebelum terlambat, cegah varises dengan cara meningkatkan gravitasi posisi atau peregangan kaki, terutama saat kaki terasa pegal dan kaku.

Equity World