Equity World | Ketahui 7 Penyebab Medis Sensasi Gatal dan Geli di Dalam Telingamu Ini

pt equityworld

Equity World | Telinga gatal sangatlah mengganggu. Selain kamu tidak bisa menggaruknya, kamu pun juga tahu bahwa kamu tidak boleh memasukkan benda apapun ke telinga kecuali dari anjuran dokter. Itu berarti kamu tidak bisa melakukan apapun kecuali membiarkan rasa gatal itu merambat.

Tentu saja rasa gatal di dalam telinga bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan sensasi geli yang tidak menyenangkan tersebut. Hal-hal itu adalah sebagai berikut.

1. Penumpukan kotoran telinga

Sebagai informasi, kotoran telinga yang juga bisa disebut earwax tersebut merupakan sel-sel kulit mati serta debu-debu yang masuk ke dalam telinga. Terlalu banyak akan hal itu membuat telingamu gatal.

Jangan mencoba membersihkannya dengan cotton bud karena itu akan mendorong kotoran lebih ke dalam. Pergilah ke dokter untuk membersihkannya, tapi jangan terlalu sering. Telinga juga dapat gatal jika kekurangan kotoran telinga.

2. Infeksi

Infeksi telinga juga bisa jadi penyebab telingamu gatal. Bakteria dan viruslah yang menjadi penyebabnya dan kamu lebih mudah mendapatkan ini ketika sedang sakit.

Infeksi ini juga umum terjadi pada telinga para perenang yang kemasukan air. Bagian dalam yang lembap membuat pertahanan terhadap kuman berkurang.

3. Alergi kulit

Bisa jadi rasa gatal di dalam telingamu akibat reaksi dari alergi kulit yang kamu miliki. Produk-produk kecantikan yang tidak cocok kemungkinan besar adalah tersangkanya.

Bisa pula itu datang dari aksesori-aksesori yang terkena langsung dengan kulitmu. Satu-satunya cara adalah dengan mengetahui alergi apakah kamu dan mencoba menghindari sebisa mungkin terhadap penyebab tersebut.

4. Eksim atau psoriasis

Jika kamu terkena penyakit kulit ini, bukan tidak mungkin telinga bagian dalammu akan gatal. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan obat tetes telinga. Untuk beberapa kasus, sang penderita perlu meminum pil steroid.

5. Membersihkan telingamu

Ya, yang membuat telingamu gatal tidak lain dan tidak bukan adalah kamu sendiri yang membersihkan telinga. Dengan penggunaan cotton bud, kamu bisa mendapatkan peradangan dalam telinga. Benda-benda lain yang masuk ke telinga juga dapat menggaruk kulit dalam hingga menyebabkan bakteria lebih mudah masuk dan terkena infeksi.

6. Alergi makanan

Telingamu juga bisa gatal lantaran salah makan. Umumnya orang-orang berpendapat ini dikarenakan makan makanan laut, namun sebenarnya tidak seperti itu.

Buah, sayur, hingga kacang pun dapat menyebabkan hal ini, tergantung dari alergimu. Rasa geli di telinga itu akan berhenti segera setelah kamu tidak makan makanan yang merupakan alergimu.

Menurutmu sendiri ketika telingamu gatal, itu dikarenakan apa? Jangan digaruk lho. Bisa jadi garukanmu tersebut menambah parah rasa gatal itu. (Equity World)