Equity World | Lagi Cari Kerja di Awal Tahun? Ini 7 Tipsnya Biar Cepat Diterima

pt equityworld

Equity World | Waktu awal tahun sering dipakai orang untuk mencari kesempatan dan lowongan pekerjaan baru. Baik masih berstatus sebagai fresh graduate atau sudah berpengalaman, proses mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Jika salah langkah, impian untuk bekerja di perusahaan idaman pun harus kandas sia-sia.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar proses pencarian kerja di awal tahun bisa berjalan mulus. Ikut melakukan beberapa trik ini juga bisa membuat Anda lebih mudah diterima kerja di perusahaan.

Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sesuaikan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda

Akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapat pekerjaan apabila melamar sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja sebelumnya. Hindari untuk asal mengklik posisi kerja yang sedang dibuka.

Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik, bisa jadi kredibilitas Anda sebagai pelamar kerja pun akan dipertanyakan.

2. Buat resume sesuai keinginan perusahaan

Saat menulis resume usahakan mengikuti apa yang diinginkan oleh perusahaan, bukan apa yang Anda inginkan. Tulislah lamaran sesuai dengan persyaratan kerja yang diminta. Misalnya Anda sudah memiliki format lamaran siap kirim ke setiap perusahaan, sebaiknya ditinjau ulang sebelum dikirim.

3. Fokus pada relevansi

Ketika menulis tentang pengalaman kerja, sekali lagi buat seringkas mungkin karena menulis panjang belum tentu membuat Anda dipanggil dan diwawancara.

Jelaskan semua posisi dan tugas yang pernah Anda lakukan di setiap pekerjaan-pekerjaan sebelumnya. Namun jika mungkin, tulislah yang paling relevan dengan posisi yang diinginkan oleh perusahaan.

4. Lakukan riset mengenai perusahaan

Melakukan riset sebelum wawancara kerja sangatlah penting. Anda bisa mencari taunya melalui website resmi perusahaan. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perusahaan: Perusahaan bergerak di bidang apa, sejarah perusahaan, culture perusahaan dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui tentang perusahaan, Anda akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengetahui tentang perusahaan. Dan Anda tidak perlu pusing ketika ditanya yang tentang perusahaan tempat Anda melamar.

5. Poles kemampuan wawancara kerja

Kebanyakan orang saat melakukan interview kerja berusaha untuk “menjual diri” sebaik mungkin. “Menjual diri” dianggap oleh banyak orang untuk menunjukkan kemampuan mereka dan intelektual mereka di depan pimpinan. Padahal sebenarnya bukan begitu cara mempromosikan diri pada saat wawancara.

Penjualan diri yang bagus mengharuskan Anda mengajukan pertanyaan bagus dan mendengarkan dengan saksama jawabannya.

Menjual diri dengan cara mengajukan pertanyaan membuat Anda terlihat lebih pintar. Selain itu, dengan pertanyaan- pertanyaan yang Anda ajukan kemungkinan Anda menemukan celah sisi lain perusahaan atau pekerjaan yang akan Anda masuki.

6. Hubungi perusahaan jika tidak ada informasi lanjut

Satu minggu adalah waktu yang cukup untuk menunggu keputusan perusahaan. Sebaiknya, tanyakan pada HRD mengenai penerimaan lowongan melalui telepon.

7. Fokus pada peluang lainnya, tidak hanya satu

Jika perusahaan tersebut tidak merekrut Anda, masih ada perusahaan yang lain yang masih membuka peluang bagi pencari kerja. Gunakan internet untuk mencari tahu informasi lowongan kerja. Bahkan, Anda pun dapat leluasa memilih perusahaan dan jabatan yang diinginkan. (Equity World)