PT EquityworldEquity World | Meski Sedang Berhemat, Jangan Pangkas 3 Anggaran Ini

PT Equityworld Futures 1017253

Equity World | Jika Anda sedang berpikir untuk berhemat lewat memotong anggaran belanja, ada beberapa kategori yang seharusnya tidak pernah dipotong dari budget Anda, betapa pun kondisi Anda saat itu begitu sulit.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang. Misalnya Anda bisa mengurangi berhenti membeli baju baru, hingga frekuensi makan di restoran. Semua pengeluaran non-primer tersebut tidak akan membuat Anda kelaparan.

Tetapi justru dapat menambah uang yang bisa Anda gunakan untuk hal lain. Berikut anggaran yang tidak seharusnya dipotong :

1. Tabungan

Jangan gunakan dana tabungan Anda walaupun dalam keadaan mendesak sekalipun. Dana tabungan adalah dana yang perlu Anda simpan dan jangan digunakan sama sekali. Anda bisa menabung mulai dari 10 persen penghasilan Anda.

2. Membayar utang

Bila Anda sedang berusaha untuk membayar utang kartu kredit dengan bunga tinggi, Anda tidak boleh memotong anggaran belanja untuk hal tersebut. Justru Anda wajib mengalokasikan dana khusus agar bisa segera melunasinya.

Bila tiap bulan Anda harus membayar pinjaman dengan bunga tinggi, Anda hanya akan menenggelamkan diri Anda pada masalah keuangan yang lebih serius.

3. Dana Cadangan

Apapun yang terjadi, janganlah pernah untuk memotong anggaran belanja yang dialokasikan untuk mengumpulkan dana darurat. Bahkan jika dana darurat telah terkumpul, Anda tidak bisa menggunakan untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak mendesak.

Memiliki dana darurat tidak hanya bisa membuat pikiran Anda lebih tenang, namun juga bisa membuat Anda bisa memfokuskan penggunaan uang untuk keperluan lain.

Idealnya, dana darurat yang tersedia di rekening Anda adalah sekitar 4-6 bulan untuk Anda bisa hidup. Dengan begitu, Anda memiliki jeda waktu untuk bernapas jika harus menghadapi hal-hal tak terduga, seperti terkena PHK, terkena musibah, atau kecelakaan yang mengharuskan Anda mengeluarkan banyak uang.

Bila Anda memiliki dana darurat yang cukup dan ada hal tak terduga yang datang menghampiri, dana darurat bisa digunakan segera sehingga Anda tidak perlu berhutang untuk menyelesaikan masalah keuangan tersebut.

Setelah Anda memiliki dana darurat, Anda juga tidak boleh mengurangi atau bahkan memotong anggaran untuk menyimpan dana pensiun. Barangkali, saat ini Anda sulit melakukannya.

Apalagi jika kebutuhan hidup terus merangkak naik. Biar bagaimana pun, walau harus menabung dalam jumlah sedikit, Anda tidak akan rugi karena hari tua Anda benar-benar membutuhkannya.

Biarpun sekarang Anda ingin memotong anggaran untuk bisa menghemat uang, namun kebutuhan di atas jangan sampai Anda ganggu karena hal tersebut justru dapat mendatangkan masalah keuangan.
Berikut adalah anggaran-anggaran yang tidak boleh dipotong agar keuangan tidak berantakan. Semoga bermanfaat (Equity World)

Save