Equity World – Fenomena aneh berjalan di sungai yg mengalir di Kota Norilsk, Rusia yg airnya jadi merah serupa darah. Misteri berubahnya warna air itu terkuak!

Nyata-nyatanya, sungai itu beralih jadi merah sebab tumpahan nikel yg hanyut dari pabrik nikel paling besar didunia, Norilsk Nickel. Begitu seperti dilansir dari BBC edisi Selasa (13/9/2016).

Equity World | Terkuak! Misteri Air Sungai di Rusia yang Berubah Jadi Merah Darah

Norilsk Nickel mengungkapkan bahwa nikel itu hanyut lantaran air yg masuk dikarenakan hujan lebat ke salah satu bendungan mereka di Nadezhda. Luapan air bercampur nikel itu hasilnya masuk mengaliri Sungai Daldykan & membuatnya jadi semerah darah.

Tapi, Norilsk mengklaim histori itu tak berbahaya bagi manusia maupun flora-fauna disekitar sungai. Pada Awal Mulanya, Norilsk tak ingin mengaku bertanggung jawab disaat foto-foto ‘sungai merah’ mencuat & menciptakan kehebohan akhir minggu dulu.

Diawal Mulanya, Kementerian Lingkungan & Sumber Daya Alam Rusia terhadap dalam pernyataannya kepada Rabu (7/9), menyebutkan air Sungai Daldykan beralih jadi merah dikarenakan tercemar ‘zat kimia tidak teridentifikasi’ dari satu buah pabrik di dekatnya, Nadezhda Metallurgical Plant.

Seandainya ada saluran pipa yg rusak atau retak, dapat saja mengkontaminasi air sungai itu. Pabrik tersebut dipunyai oleh Norilsk Nickel, yg dikenal juga sebagai pembuat nikel paling besar dunia. Norilsk diawal mulanya sudah membantah bahwa polusi air itu dipicu oleh pencemaran dari pabriknya.

Otoritas kota Norilsk menyebutkan terhadap fasilitas Rusia yang lain, Sputnik, Sungai Daldykan tak mengakses dengan cara serentak dgn suplai air bersih buat publik, & insiden ini tak memberikan ancaman serta-merta bagi kehidupan penduduk seputar.

Sbg kota paling utara di wilayah Siberia, Norilsk dikenal tajir dapat sumber daya alam, tapi suhu udaranya condong rendah. Bahkan sewaktu-waktu mampu turun sampaiminus 7 derajat Celcius. Ruangan ini menaruh kandungan nikel, tembaga & paladium paling besar di dunia. Dampaknya, tidak sedikit proyek tambang & perusahaan metalurgi (pembuatan logam dengan cara kimiawi) di sekitarnya.

Norilsk sendiri dikenal bakal polusinya yg amat sangat parah, bahkan dinamakan sbg yg paling parah di semua wilayah Rusia. PT Equityworld