Equity World | Pergerakan Harga Emas Hari Ini, 4 Agustus 2020

PT Equityworld

Equity World | Harga emas diperkirakan bergerak fluktuatif dengan kecenderungan melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (4/8/2020)

Berdasarkan data Bloomberg hingga pukul 07.35 WIB, harga emas spot terpantau di posisi US$1.974,20 per troy ounce, melemah 0,14 persen atau 2,78 poin.

Sementara itu, harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2020 menguat 0,24 persen atau 4,8 poin ke level US$1.991,10 per troy ounce.

Adapun, indeks dolar AS hari ini terpantau menguat 0,03 persen atau 0,029 poin ke level 93,571 pada pukul 07.37 WIB.

Harga emas kemarin tergelincir dari rekornya karena bursa saham AS menguat dan data ekonomi positif.

Sentimen datang dari data manufaktur AS yang berekspansi pada Juli dengan laju tercepat sejak Maret 2019. Sebelumnya, indeks PMI manufaktur Eropa mencapai level ekspansif untuk pertama kalinya dalam satu setengah tahun.

Kepala perdagangan derivatif locam di BMO Capital Markets, Tai Wong mengatakan emas mulai kehilangan momentum dalam beberapa sesi terakhir. Emas hanya menguat tipis dalam beberapa hari terakhir, yang kemungkinan telah mendorong pelaku pasar jangka pendek untuk mengambil untung,

“Kondisi ini menunjukkan kemungkinan adanya koreksi lanjutan, meskipun masih cenderung landai,” ujarnya, seperti dikutip Bloomberg.

Meskipun reli berhenti, analis yang mengatakan harga emas sudah terlalu tinggi tidak memperkirakan adanya penurunan ynag substansial. Analis BNP Paribas SA mengatakan koreksi kemungkinan masih akan terukur berkat dolar yang lemah dan gejolak ekonomi global.

Equity World | Harga Emas Dunia Terus Meroket Dipicu Banyak Ketidakpastian di Masa Pandemi

Equity World | Harga emas dunia di pasar spot dan berjangka di awal pekan ini mencapai rekor tertinggi. Hal ini seiring dengan perburuan aset safe haven terus berlanjut di tengah pandemi virus Corona.

Data Bloomberg menunjukkan harga emas di pasar spot menguat 0,6 persen ke level US$ 1,988.40 per troy ounce dan diperdagangkan pada US$ 1,982.07 pada pukul 06.53 WIB.

Adapun harga emas Comex untuk kontrak Desember 2020 menguat 0,31 persen atau 6,1 poin ke level US$ 1.992 per troy ounce. Emas Comex sempat menyentuh level tertingginya di posisi US$ 2.009,5 per troy ounce.

Sepanjang bulan Juli lalu, harga emas tercatat melonjak 11 persen. Kenaikan bulanan itu merupakan yang terbesar sejak 2012, menyusul penurunan dolar AS dan rekor rendahnya imbal hasil riil AS. Analis kini mempertimbangkan alternatif investasi di tengah pandemi seperti utang pemerintah, kredit, dividen saham, dan emas.

Krisis kesehatan belakangan ini telah mendorong sejumlah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menopang ekonomi, termasuk suku bunga yang lebih rendah. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi emas yang tidak menghasilkan bunga.