Equity World – Pergerakan kurs rupiah setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle  kabinetnya yang kedua semakin kencang melebihi harga pembukaan perdagangan pagi. Kekuatan rupiah hari Rabu (27/7) semakin bertambah meskipun dollar AS masih menunjukkan penguatan terhadap banyak rival utamanya di pasar spot.

Lihat: Presiden Jokowi Umumkan 9 Menteri Baru dan 4 Pergeseran Menteri

Equity World – Laju rupiah yang semakin kuat hingga siang ini  mendorong  investor asing untuk tetap masukin modalnya dalam bursa saham lokal sehingga tercetak net buy asing sebanyak Rp306 miliar.  Dukungan investor asing ini menambah kekuatan  IHSG yang melesat cukup signifikan hingga naik 1,2%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,42% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13136/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13160/US$. Demikian  untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  juga diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13130  dari  posisi 13150 perdagangan hari Selasa (26/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13196 setelah perdagangan sebelumnya 13216.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  oleh sikap wait and see pasar menyambut pengumuman bank sentral Amerika malam nanti, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13167 resistance  13107. Equity World