Equity World | Ucapan Negatif Bisa Sebabkan 7 Hal Ini Pada Tubuh, Jangan Sembarangan!

pt equityworld

Equity World | Jangan pernah meremehkan efek pikiran. Sebab, tanpa sadar penyebab paling sederhana dari kegagalan maupun keberhasilan adalah berkat pengaruh dari pikiran kamu sendiri.

Meski terlihat sepele, tapi berbagai bentuk ucapan yang kamu dapatkan tenyata berdampak cukup besar pada pikiran, tubuh, hingga hidup kamu. Apa saja dampaknya? Dan seberapa serius? Dilansir dari berbagai sumber, simak info berikut ini!

1. Meningkatkan stres

Ketika pikiran dipenuhi oleh hal-hal yang ‘berbau’ negatif, lama kelamaan maka hal tersebut akan memunculkan stres. Sehingga pada akhirnya, ucapan negatif dapat mengacaukan apa yang sedang kamu lakukan.

2. Menyalahkan dan meremehkan kemampuan diri

Ucapan negatif yang dilontarkan oleh orang lain atau diri sendiri nyatanya memiliki pengaruh pada kehidupan kamu. Sebab, saat ucapan tersebut dianggap benar oleh diri sendiri maka itu sama saja dengan tidak menyemangati atau tidak mendorong diri untuk terus maju. Sehingga, hal tersebut terkesan seperti menyalahkan dan meremehkan kemampuan yang kamu miliki.

3. Menjadi kenangan buruk yang memicu trauma

Perkataan orang yang bernilai negatif terhadap diri kita seperti cacian, umpatan, dan kata-kata kasar akan lebih membekas daripada pujian.  Hal ini karena kita lebih sering memikirkan kata-kata negatif itu ketimbang memikirkan kata yang baik-baik.

4. Ucapan negatif dapat berdampak pada perilaku, sifat dan sikap seseorang

Kalimat-kalimat negatif yang diucapkan orangtua kepada anaknya saat masih kecil ternyata dapat membekas tertanam pada otak si anak. Sehingga dia akan selalu mengingat bahkan mempercayai kata-kata tersebut. Contohnya, anak yang dikatakan bodoh dan pemalas akan mengidentifikasi dirinya dengan sifat negatif tersebut hingga beranjak dewasa.

5. Merusak perkembangan otak

Dilansir Psychologytoday, kata-kata negatif yang diterima oleh tubuh akan memengaruhi otak hanya dalam beberapa detik. Akibatnya, struktur kunci di dalam otak yang mengatur memori dan perasaan akan terkena dampak seperti dirundung pikiran negatif terus menerus dan menjadi cepat emosi.

6. Gangguan tidur dan nafsu makan hilang

Saat kamu menerima ucapan negatif secara konstan, maka mental akan menggerogoti otak sehingga memaksanya untuk memikirkan ucapan negatif yang diterimanya. Hal inilah yang menyebabkan kamu akan sulit untuk tidur, hingga hilang nafsu makan. Akibatnya, tubuh akan lemas dan jatuh sakit.

7. Terserang penyakit berbahaya

Otak yang dipengaruhi oleh pikiran negatif akan membuat kamu tetap terjaga dan terus menerus memikirkan kenyataan mengenai kalimat negatif yang diucapkan tersebut. Dilansir boldsky, pikiran negatif lah yang konstan dapat memengaruhi komponen otak dengan cara yang tidak sehat. Akibatnya, akan terjadi pelepasan enzim yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Perkataan kasar dan negatif nyatanya dapat memengaruhi sebagian besar kehidupan seseorang. Jika tidak mulai diberhentikan dari kita, lalu siapa lagi? (Equity World)