Equity World | Waspadai!!!, Tanda Makanan Tak Layak Konsumsi dengan Mata Anda

Equity World | Ketika Anda belanja bulanan, tentu banyak barang yang disimpan dalam kulkas dan ingin selalu dipertahankan demi menghemat anggaran. Tapi karena kebiasaan yang menurut Anda baik ini, banyak makanan yang terindikasi tidak layak konsumsi tersimpan dalam dapur. Untuk itu, perhatikan tanda-tanda ini yang bisa dilihat secara kasat mata, dikutip dari Liputan6.com, sumber mashed.com.

Susu
PT Equityworld
Banyak susu yang akhirnya berakhir di tong sampah karena Anda tidak berhati-hati dalam menyimpannya. Jika ingin menyimpan susu, perhatikan bau dan tekstur susunya. Setelah beberapa hari, bau susu akan berubah menjadi lebih asam dan tekstrurnya menjadi menggumpal. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah, beli susu secukupnya dan konsumsi secepatnya.

Daging
PT Equityworld
Anda akan sangat menyesal jika melihat daging yang Anda simpan membusuk dalam penyimpanan. Sudahlah harganya mahal, daging juga tergolong makanan yang cepat busuk bila tidak ditangani dengan baik. Tanda-tanda daging busuk juga sangat jelas dari warna yang sudah lebih pucat dan teksturnya yang licin, tanda banyak lendir yang keluar. Tentu saja, bau busuk akan menyengat kuat dalam hidung Anda. Untuk itu, sebelum menyimpan daging, biasakan masak terlebih dahulu untuk membasmi bakteri didalamnnya sehingga dapat bisa disimpan lebih lama.

Ikan
PT Equityworld
Ikan termasuk jenis makanan yang dapat membusuk dengan cepat. Cara mengenali ikan yang tak layak konsumsi lagi adalah baunya yang lebih menyengat dan lendirnya yang lebih banyak dan lengket. Penampilan ikan juga tidak segar lagi seperti dibeli di supermarket. Untuk itu, jaga kesegaran ikan dengan segera memasukkannya dalam lemari es, dan konsumsi secepatnya.

Makanan kaleng
PT Equityworld
Jika Anda menemukan makanan kaleng yang kemasannya sudah kembung, buang segera. Karena kemasan kembung adalah bukti nyata bahwa kandungan didalamnya sudah berubah dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Bila tidak percaya, membuka kaleng bisa menjadi sebuah pembuktian bagus. Agar terhindar dari makanan kaleng yang terbuang percuma, selalu pastikan tanggal kadaluarasnya.

Telur
PT Equityworld Futures 134
Karena memiliki cangkang, seringkali kita tidak mengerti bagaimana cara melihat telur tersebut masih layak konsumsi atau tidak. Untuk mengujinya, masukkan telur dalam segelas air. Perhatikan, bila telur memilki kandungan yang sudah rusak, telur akan mudah mengambang. Namun bila telur masih baik, ia akan tenggelam ke dasar gelas.

Sayur dan buah
PT Equityworld
Sayur dan buah memiliki umur paling pendek diantara seluruh bahan makanan. Namun bila bisa menjaganya dengan baik, umur sayur akan lebih panjang dan bisa dikonsumsi kapan saja. Sayur dan buah memiliki beberapa tanda yang sama ketika tidak baik untuk dimakan, yaitu layu, banyak bercak hitam dan tidak segar lagi dipandang mata. (JKO- Equity World)

Save