Equityworld Futures | 11 Nasihat yang Sebaiknya Kamu Ucapkan Pada Diri Sendiri Tiap Hari

pt equityworld

1. Good job!

Kamu sudah berusaha keras, jadi kamu pantas mendapat tepukan di punggung dan acungan jempol. Jangan khawatir kalau kamu masih belum sampai tujuanmu, kamu sedang dalam perjalanan. Dan sampai saat ini pun kamu masih berjuang, karena itu kamu pantas memberi pujian pada dirimu sendiri.

2. Yang namanya hidup pasti jalannya gak mulus

Inilah jalan hidup semua orang, nggak ada yang mulus terus, kadang berbelok-belok atau naik dan turun. Tidak semua hal akan selalu berjalan sesuai rencana kita, tapi itu bukan berarti kita telah gagal. Terkadang, belokan dan gangguan di jalan kita itu malah akan membuat perjalanan kita lebih menarik dan berarti.

3. Hidup itu bukan perlombaan

Kamu pasti lelah jika setiap saat kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain, atau terus-menerus harus jadi yang nomor satu dalam segala hal. Tidak penting seberapa cepat kita sampai di garis akhir, yang penting adalah perjalanan itu. Jadi kamu cukup berlari sekencang, atau sepelan yang kamu suka, yang penting kamu tetap terus maju. Kamu tidak perlu bingung harus menang setiap saat, hidup itu lebih dari sekedar perlombaan.

4. Rasakan perasaan takut itu, tapi tetap lakukan saja

Jika kita tidak melakukan ini dan itu karena kita takut, maka kita tidak akan melakukan banyak hal dalam hidup kita. Ketakutan adalah bagian dari hidup, dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan maju terus dan melakukan hal-hal yang menakutkan itu. Ingatlah, segala hal yang ingin kamu capai selalu terletak di balik ketakuan itu.

5. Tidak semua orang akan setia untuk selamanya

Kita pasti bertemu banyak orang di hidup kita yang akhirnya pergi meninggalkan hati kita, walaupun kita sudah berusaha keras agar orang itu mau tinggal. Terima saja, memang inilah kenyataan hidup. Kadang seseorang akan pergi dari hidup kita agar kita dapat bertemu orang yang lebih baik, atau mungkin agar kita bisa belajar untuk sendiri, untuk sementara waktu.

6. Orang yang paling menyakiti kita adalah mereka yang paling kita kasihi

Yang namanya hidup, kamu pasti akan merasakan sakit hati. Kamu tidak bisa memilih apakah kamu akan sakit hati atau tidak, tapi kamu bisa memilih siapa yang bisa menyakiti hatimu. Sebelum kamu memberikan hatimu untuk orang lain, pastikan kalau kamu telah memilih dengan bijaksana. Pastikan kamu akan menyukai pilihanmu nantinya, walaupun harus sakit hati sekalipun.

7. Masalah bisa diselesaikan dengan mengubah gaya pikir kita

Kita mungkin tidak bisa menyelesaikan seluruh masalah kita hari ini, tapi kita bisa mengubah gaya pikir kita hari ini. Kita tidak bisa mengontrol apa yang terjadi pada kita, kita hanya bisa mengontrol bagaimana kita meresponi hal-hal yang terjadi itu. Teruslah memiliki gaya pikir yang positif, jadi sebagaimana buruknya hal-hal di sekeliling kita, kita tidak harus jadi putus asa.

8. Jangan mudah puas!

Jangan melakukan pekerjaan yang kamu tidak suka, jangan pacaran dengan dia yang kamu tidak yakini, jangan tetap berteman dengan mereka yang selalu membuatmu merasa kecil. Hidup pasti akan lebih indah jika kita berani keluar dari zona aman kita dan mencari yang ‘lebih’ untuk jiwa kita.

9. Waktu akan menyembuhkan segala hal

Kalau hari ini kamu punya banyak masalah atau sakit hati, bersabarlah. Dengan berjalanya waktu, suatu saat sakit hati itu akan pudar, kesalahan kita akan dimaafkan, keburukan kita akan dilupakan dan pikiran kita akan menemukan kedamaian.

10. Kamu tidak sendirian

Dalam masalah dan kesulitan apapun, ingatlah kamu tidak pernah sendiri. Kamu pasti akan menemukan orang-orang yang bisa kamu andalkan, untuk menemanimu melewati masa-masa sulit itu. Setiap orang punya masalah dan beban masing-masing, tapi kebersamaan dan pertemanan itu akan memberikan kita kekuatan untuk menanggung beban kita masing-masing.

11. Carpe diem!

Dan yang terakhir, ‘raihlah’ hari ini! Hari ini, jam ini, detik ini, hanya akan terjadi sekali. Bersyukurlah atas segala kesempatan yang kamu miliki, dan juga untuk hari yang bisa kamu terima ini. Pergunakanlah hari ini sebaik-baiknya. Raihlah apa yang ingin kamu raih, kejarlah apa yang ingin kamu kejar, dan temukanlah kebahagiaan itu untuk dirimu sendiri. (Equityworld Futures)